example banner
.

Eksis di Masa Pandemi, Kasenda Sebut Ada Pedagang Pasar Vervolg Siap Bangun Rumah

KANONANG,pojoksulut.id – Setahun lebih pandemi covid – 19 mengguncang Indonesia di berbagai bidang termasuk  perekonomian, akan tetapi tidak bagi Desa Kanonang Satu di Kecamatan Kawangkoan Barat, Kabupaten Minahasa.

Buktinya Desa Kanonang Satu yang sejak awal Mei tahun 2020 lalu membangun pasar Desa tepatnya di jalan utama Desa Kanonang Satu dan Pasar yang diberi nama Vervolg kini tetap eksis dan mampu bertahan ditengah badai pandemi.

Hukum Tua Kanonang Satu Lucky Kasenda kepada wartawan di lokasi Pasar Vervolg Rabu 5 Mei 2021, mengatakan setahun sudah pasar ini berdiri dan sampai saat ini pedagang tetap bertahan.

“Kami melihat pedagang begitu bersemangat berjualan kebutuhan pokok keluarga yang akhirnya berdampak pada perputaran ekonomi keluarga dan Desa Kanonang Satu” ujar Kasenda.

Dikatakan Kasenda, nilai tambah saat ini selain menambah penghasilan keluarga bahkan ada pedagang yang karena kegiatan dipasar Vervolg sudah siap membangun rumah dari hasil berjualan yang ditabung sejak tahun lalu.

Selaku Pemerintah menghimbau kiranya pedagang dan masyarakat tetap mengikuti protokol kesehatan bahkan tetap waspada dalam rangka memutus rantai perkembangan covid-19 meskipun Kanonang Satu sampai saat ini bersih dari virus corona” tutup Kasenda

Ester Warangkiran Pedagang di Pasar Vervolg mengatakan senang dang bangga boleh berusaha dengan berjualan di Pasar Desa Kanonang Satu.

“Semua bahan pokok seperti sayur, ikan dan lainnya kami beli di Langowan dan dijual lagi disini dan syukur setahun berjualan lumayan lancar sehingga ikut membantu memenuhi kebutuhan hidup keluarga” ungkap Warangkiran

Ester Warangkiran menambahkan kebersihan pasar menjadi tugas semua pedagang yang berjualan mulai senin sampai sabtu.

“Terima kasih Pemerintah Desa Kanonang Satu sudah membuka pasar ini apalagi pedagang tidak dipungut retribusi” tutur Warangkiran

Diketahui sejak awal pandemi covid – 19 bermunculan pasar lokal tingkat Desa dan Kelurahan di Kabupaten Minahasa. Namun kearifan lokal Pasar “Vervolg” Kanonang Satu Smart’ (Kansas) tetap eksis dan mampu bersaing ditengah pandemi.

Penulis : herdy m

About The Author

Reply

example banner
.