example banner
.

Jaringan Irigasi di Tompaso Makin Meningkat

TOMPASO,pojoksulut.id – Satu lagi proyek irigasi bantuan Pemerintah pusat masuk di Kabupaten Minahasa khususnya di Desa Kamanga Dua Kecamatan Tompaso.

Hadirnya proyek irigasi turut membuka lapangan kerja dengan program padat karya tunai.

Lanny Mamesah ST selaku Hukum Tua Desa Kamanga Dua mengatakan melalui Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) yang diawali dengan ibadah diharapkan membawa dampak besar bagi Desa dan para petani.

“Proyek irigasi ini menjangkau wilayah persawahan Kamanga Raya dan Tember dan manfaatnya menyeluruh sampai 50 hektar”ungkap Mamesah

Dikatakan Lanny Mamesah hadirnya proyek irigasi ini sangat membantu petani meningkatkan produktifitas pertanian tetapi juga memperlancar akses mengangkut hasil – hasil pertanian yang sebelumnya sangat sulit.

Selaku Pemerintah Desa kiranya warga khususnya petani untuk sama – sama menunjang program Pemerintah termasuk program saat ini dan tetap menjaga area irigasi agar manfaatnya bukan hanya untuk saat ini tetapi bermanfaat sampai beberapa tahun kedepan” pungka Mamesah.

Kegiatan yang dilaksanakan diwilayah persawahan Desa Kamanga Dua pada Senin, 19 April 2021 dihadiri Tenaga pendamping masyarakat, perangkat desa, pengurus P3KA, tim swakelola dan tenaga kerja.

P3TGAI merupakan pekerjaan perbaikan/rehabilitasi/peningkatan jaringan irigasi secara partisipatif yang melibatkan masyarakat, untuk mendukung kedaulatan pangan. Petani pekerja diberikan upah harian atau mingguan, sehingga menambah penghasilan petani atau penduduk desa terutama di antara musim tanam dan panen

About The Author

Reply

example banner
.