example banner
.

Bupati Minahasa Irup Detik-detik Proklamasi, Perayaan HUT RI Ke-74 Berlangsung Sukses

TONDANO,pojoksulut.id – Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi, tampil sebagai Inspektur Upacara (Irup) detik-detik memperingati HUT RI ke-74 di Lapangan Maesa Tondano, Sabtu (17/8/2019).

Upacara yang dimulai pukul 09.00 Wita itu, turut diikuti Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi, Sekda Minahasa Jeffry R Korengkeng, jajaran pejabat Pemkab Minahasa, anggota Forkominda, Ketua TP-PKK Minahasa Dra Fenny Ch M Roring-Lumanauw, Wakil Ketua TP-PKK Minahasa Martina Dondokambey-Lengkong, Ketua Dharma Wanita Persatuan Minahasa Seeve Korengkeng-Warouw, para Komisioner KPU Minahasa, anggota Bawaslu Minahasa, veteran, pelajar dan lainnya.

Tampil sebagai Komanda Upacara adalah Kapten (Inf) Maxen Mentang. Adapun Tema HUT RI Ke-74 adalah “SDM Unggul Indonesia Maju”.

Sementara pembacaan makna detik-detik Proklamasi dibacakan Ketua DPRD Minahasa James Rawung SH.

Upacara peringatan detik-detik Proklamasi tahun ini sangat prestise bagi Bupati Ir Royke Octavian Roring dan Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi (RR-RD). Pasalnya, ini yang pertama kalinya pasangan ini memimpin perayaan HUT RI di Kabupaten Minahasa, semenjak dilantik beberapa bulan lalu.

Usai upacara pengibaran Bendera Merah Putih, Bupati dan Wakil Bupati Minahasa bersama peserta upacara lainnya melanjutkannya ziarah ke Taman Makam Pahlawan (TMP) Dr. GSSJ Ratulangi di Tondano. Disini, Plh Kejaksaan Negeri Minahasa Fien Rring menjadi Irup. Kegiatan dilanjutkan dengan tabur bunga di pusara pahlawan kebangganTanah Toar Lumimuut ini.

Selesai di TMP Dr. GSSJ Ratulangi, acara dilanjutkan dengan ramah taman dan jamuan kasih bersama para pejuang veteran Minahasa di rumah dinas bupati.

Selanjutnya, pada pukul 16.30 Wita, Bupati dan Wakil Bupati Minahasa menghadiri upacara penurunan Sang Saka Merah Putih di Lapangan Maesa Tondano. Bupati Ir Royke Oktavian Roring kembali menjadi Irup.

Pada pukul 19.00 Wita, puncak perayaan ditutup dengan Toast Kenegaraan Kemerdekaan di rumah dinas bupati di bilangan Sasaran Tondano.

Dalam kegiatan tersebut, digelar ibadah syukur bersama dan dilanjutkan dengan sambutan bupati, tiup lilin serta pemberian penghargaan kepada anggota Paskibraka Kabupaten Minahasa.

Sebelumnya, Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi, bertindak sebagai Inspektur Upacara pemberian remisi umum kepada narapidana lembaga pemasyarakatan atau Lapas Klas IIB Tondano, Sabtu (17/8/2019).

Sesuai dengan SK Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia Nomor: PAS-969.PK.01.01.02 tahun 2019 dan Nomor PAS-984.PK.01.01.02 tahun 2019, Lapas Kelas IIB Tondano memberikan remisi umum I kepada 221 orang, remisi umum II (bebas) 4 orang dalam upacara memperingati HUT Proklamasi Republik Indonesia Ke-74.

Dalam sambutannya yang dibacakan Wabup Minahasa, Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Yasona Laoly mengatakan, kemerdekaan yang kita nikmati sampai dengan hari ini adalah hasil kerja keras dan jerih payah para pejuang kemerdekaan.

“Beliau-beliau adalah orang-orang yang rela berkorban jiwa, raga, dan harta benda memperjuangkan tanah air tercinta yaitu Indonesia. Sudah menjadi kewajiban kita sebagai generasi penerus harus memiliki kemampuan, bukan saja mempertahankan kemerdekaan negara kita tercinta, akan tetapi juga mengisi kemerdekaan, yang jauh lebih berat,”ujarnya.

Tema kemerdekaan Republik Indonesia tahun ini adalah “SDM Unggul Indonesia Maju” ini sangatlah tepat jika dikaitkan dengan kondisi bangsa kita saat ini yang sedang mencurahkan semua potensi dan sumber daya menuju Indonesia Emas tahun 2045.

“Saya atas nama pemerintah memberikan remisi umum kepada 130.383 Orang narapidana dan anak. Remisi ini diberikan kepada mereka yang telah memenuhi persyaratan diantaranya adalah dengan berkelakuan baik dan telah menjalani masa pidana sesuai dengan yang ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan,”paparnya.

“Tujuan pemberian remisi adalah untuk memberikan motivasi dan kesempatan kepada narapidana dan anak yang berkonflik dengan hukum (ABH), untuk mendapatkan kesejahteraan sosial, pendidikan, keterampilan guna mempersiapkan diri ditengah masyarakat, serta mendorong peran serta masyarakat untuk secara aktif ikut serta mendukung penyelenggaraan sistem pemasyarakatan,”tambah wabup

(joudi/advertorial)

About The Author

Reply

example banner
.