example banner
.

William Luntungan: Ada Apa Dengan APBD Minut 2020

AIRMADIDI, pojoksulut.id — Aktivis William Luntungan mempertanyakan kinerja DPRD Minahasa Utara (Minut) yang dinilainya tidak memberikan ruang kepada masyarakat untuk bisa mengakses atau mengetahui Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Minut.

Hal yang tidak transparan tersebut, menurut Luntungan, bisa menimbulkan berbagai macam pertanyaan khususnya bagi kalangan aktivis di Kabupaten Minut.

“Ada apa dengan APBD Minut 2020. APBD bukan buku rahasia yang hanya dapat dilihat oleh wakil rakyat saja,”tegas Wil, sapaan akrab aktivis vokal ini, Senin (25/11/2019).

Lanjutnya, sikap DPRD Minut yang tidak transparan dalam pengelolah APBD sungguh sangat miris, karena berdasarkan Undang-undang No 14 tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) serta Peraturan Pemerintah RI nomor 12 tahun 2019 tentang Pengelolaan Keuangan Daerah.

“Keterbukaan informasi jelas sudah tertuang di Undang-undang tentang keterbukaan pengelolaan keuangan di mana dikatakan bahwa masyarakat juga perlu tahu isi buku APBD,”paparnya.

“Semoga para legislator akan lebih serius dalam membahas APBD 2020.  Apalagi saat ini, DPRD Minut sedang mengikuti Bimtek. Lalu kapan pembahasan APBD 2020? Mengingat waktu yang tersisa tinggal menghitung hari saja. Karena  batas akhir pembahasannya  pada November ini,” tambahnya.

(vhy)

About The Author

Reply

example banner
.