example banner
.

Warga Wori Menolak Pembuatan Lahan Kubur Covid-19

AIRMADIDI, pojoksulut.id– Warga Ilo-ilo yang berada di Jaga 14, 15 dan 16 Desa Wori Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa Utara (Minut), protes keras kepada Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) yang berencana menyediakan lahan seluas 5 hektar areal khusus untuk memakamkan jenasah yang meninggal akibat Covid 19. Aksi Penolakan ini terlihat di pintu masuk kawasan Ilo-Ilo yang ditutup warga. Selasa (28/04/2020).

Asisten I Setdaprov Edison Humiang mewakili Gubernur Sulut yang rencananya mengadakan sosialisasi di Balai Desa Wori, harus menemui jalan buntu akibat protes keras yang dilakukan warga yang menolak rencana Pemprov Sulut ini.

” Kalau ada kebijakan seperti itu (rencana mendirikan lahan pekuburan khusus korban Covid 19), sayalah orang pertama yang akan menolaknya,” teriak Humiang.

Sementara itu, di pintu masuk wilayah Ilo-Ilo banyak warga yang berjaga menutup portal sambil membentangkan spanduk serta meneriakan aspirasi mereka.

” Kami tetap menolak rencana membuat kubur Covid 19 di desa kami, karena yang akan merasakan langsung adalah kami,” tandas Tenni Kilapong warga Jaga 14.

Mereka juga protes terhadap pemerintah, dimana pemasangan patok di lahan tersebut pada Minggu 26 April 2020 tanpa sosialisasi.

“Masa belum ada sosialisasi, pemasangan patok batas lahan pekuburan sudah dilakukan. Inikan tidak benar,” ketus warga lainnya.

Sementara itu, Anggota DPRD Minut Daniel M Rumumpe (DMR) yang juga adalah hasil pemilihan dari dapil 3 angkat bicara soal hal tersebut.

“Jangan salah kaprah dengan penolakan warga, mereka bukan tidak mau menguburkan eks pasien covid disini (ilo ilo) tapi menolak jika TPU ini untuk yang dari luar daerah, kalau masyarakat Wori yang kena tidak masalah di kuburkan disana, apalagi posisi lahan rencana TPU itu ada ditengah- tengah pemukiman dan dekat dengan sumber mata air, hal ini yang dikeluhkan warga,” terang DMR.

Aksi demo tersebut mendapat pengawalan ekstra dari satuan Polresta Manado, polres Minut dan TNI.

(vhy)

About The Author

Reply

example banner
.