example banner
.

Wakili Bupati ROR, Mangala Terima Mahasiswa Unsrit KKN di Eris

TONDANO,pojoksulut.id — Bupati Minahasa melalui Asisten Satu DR Denny Mangala MSi, menerima kunjungan mahasiswa Unsrit Tomohon yang akan melakukan KKN di Kecamatan Eris, Kamis (20/6/2019).

Dalam.sambutannya, Mangala memaparkan gambaran tentang program kesehatan dengan merenovasi sarana kesehatan dan diupayakan membangun rumah sakit baru untuk menjangkau masyarakat lainnya yang belum terlayani Jamkesda dan Jamkesmas.

“Nanti adik-adik bisa ikut membantu memberikan edukasi kepada masyarakat di Kecamatan Eris bahwa, manusia jangan hanya pintar atau cerdas dalam segala bidang dan kaya pengetahuan, tapi kalau sakit-sakit menjadi tidak menyenangankan,”ucap Mangala.

“Sosialisasikan masyarakat untuk menjaga kesehatan yang harus diutamakan dan pelestarian lingkungan dengan menjaganya harus diperhatikan termasuk Danau Tondano,”tambahnya.

Danau di Indonesia, lanjut Mangala, berjumlah 1575 danau dan danau Tondano termasuk kelompok Danau besar.

Selanjutnya, pontensi Danau Tondano dalam pembangunan berbeda dengan danau lainnya di Indonesia karena pertama, danau ini mensuplai listrik PLTA yang dirasakan oleh penduduk Minahasa, Manado dan sekitarnya. Kedua, jadi sumber air minum, ketiga sumbet penghasilan dan yang terakhir memberikan suplai terhadap pengembangan pertanian masyarakat.

“Makanya pemerintah pusat menetapkan Danau Tondano sebagai kawasan strategis Nasional dan karena itu kita semua harus menjaga pelestarian Danau Tondano,”tutup Mangala.

Sementara itu, Rektor Unsrit Tomohon DR Joost L Rumampuk SE menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Pemkab Minahasa yang boleh merespon kehadiran mahasiswa KKN Unsrit di Kecamatan Eris.

“Tema KKN adalah kesehatan dan pelestarian ekosistem Danau Tondano, dimana diharapkan mahasiswa dapat menjabarkan pendidikan mereka dengan pengalaman di tengah masyarakat. Mahasiswa perlu bersosialisasi dengan lingkungan dimana lingkungan berbicara lingkungan manusia dan lingkungan alam,”tandas Rumampuk.

(joudi)

About The Author

Reply

example banner
.