example banner
.

Wabup Legi Jadi Saksi Pernikahan Massal 40 Pasutri

RATAHAN,pojoksulut.id — Sebanyak 40 pasangan suami istri atau Pasutri, Kamis (21/11/2019), mengikuti perkawinan massal yang dilaksanakan Dinas Pencatatan Sipil dan Kependudukan (Discapilduk) Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra).

Acara yang dilaksanakan di sport hall kantor bupati itu, dihadiri Wabup Mitra Jesaya Jouke Legi dan Asisten Tiga Sekdakab Mitra Drs Frits Mokorimban yang didaulat menjadi saksi.

“Pasutri yang mengikuti pernikahan ini belum melakukan pernikahan secara sah, dan belum terdata pada dinas pencatatan sipil, dalam arti secara resmi belum terdaftar,”ujar Legi.

Terlaksananya kegiatan ini mendapat apresiasi dari Wabup Legi.

Menurut orang nomor dua di Kabupaten Mitra ini, perkawinan massal memberi perlindungan pada keluarga terutama bagi anak, berkaitan dengan dokumen administrasi yang diperlukan dalam kehidupan bermasyarakat, di sekolah, maupun di pekerjaan.

“Setelah resmi menjadi suami isteri, kami langsung memberikan akta perkawinan tanpa dipungut biaya sepeser pun,”tutup Legi.

Sementara itu, Kepala Discapilduk Mitra Ir Elly Sangian mengatakan, program perkawinan massal merupakan bagian dari penyelesaian sejumlah persoalan sosial di masyarakat.

“Kami menargetkan, tahun ini, setiap warga Mitra harus memiliki dokumen kependudukan lengkap seperti KTP, KK,  akte kelahiran, akte perkawinan, akte kematian dan akte perceraian,”jelasnya.

(fred)

About The Author

Reply

example banner
.