example banner
.

Unsrat Gelar Pelatihan Tanggap Darurat COVID-19

MANADO,pojoksulut.id – Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) Manado menggelar pelatihan tanggap darurat pandemi Corona Virus Disease 2019 atau Covid-19.

Rektor Prof. Dr. Ir. Ellen Joan Kumaat, MSc, DEA melalui Wakil Rektor II Bidang Umum dan Keuangan Dr. Ronny Maramis, SH, MH mengatakan latihan ini dilakukan untuk mengantisipasi jika terjadi situasi darurat pada warga Unsrat atau pihak luar yang kebetulan berkunjung dan tiba-tiba sakit dengan kondisi gejala seperti Covid-19.

“Front line Unsrat sudah siap. Mereka yang diberikan pelatihan yakni tenaga keamanan, fasilitas kesehatan, sopir ambulans dan dokter serta perawat yang telah siap dan paham seperti apa penanganan sesuai SOP Covid-19 baik cara pencegahan, penanganan, mengamankan diri para petugas, penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) serta mengamankan lingkungan publik supaya meminimalisir penyebaran,” kata Maramis.

Ia menjelaskan, kasus Covid-19 masih banyak terjadi dan tidak sedikit berbagai institusi yang belum siap karena tidak pernah disosialisasikan bahkan dilatih secara khusus, belum lagi infrastruktur pendukung yang tidak memadai.

Pendekatan yang dilakukan Unsrat, tambah Maramis, prinsipnya yakni manajemen pencegahan karena Unsrat punya populasi kurang lebih 30 ribuan orang, mahasiswa, dosen dan pegawai.

“Setiap tamu yang mau masuk ke dalam lingkungan kampus harus memakai masker dan akan diperiksa suhu tubuh, ini dilakukan agar mencegah penyebaran Covid-19,” tutup Maramis.(ing)

About The Author

Reply

example banner
.