example banner
.

Unima Gelar PK2MB, Rektor Runtuwene: Kita Semua Adalah Satu Keluarga 

TONDANO,pojoksulut.id — Universitas Negeri Manado (Unima) menggelar Pengenalan Kehidupan Kampus Baru (PK2MB) di gedung auditorium, Rabu (21/8/2019). Kegiatan yang digelar dalam Sidang Terbuka Senat Unima ini, dihadiri ribuan mahasiswa baru tahun akademik 2019-2020.

Rektor Unima Prof Dr Julieta P.A Runtuwene MS yang membuka kegiatan tujuan digelarnya PK2MB ini guna memperlengkapi mahasiswa baru memahami sistem pendidikan yang ada di Unima.

”Kegiatan ini untuk memperlengkapi mahasiswa baru guna memahami sistem pendidikan, model dan termasuk juga merubah mindset selama ini kalau berpikir belajar di Sekolah Menegah Atas ( SMA) dimana intetaksi guru sesuai jam tentu berbeda dengan yang ada di Universitas,”ujarnya.

Runtuwene menjelaskan, pengenalan kehidupan kampus bertujuan membekali mahasiswa bagaimana merubah pola pikir, mulai dari pemahaman tentang kehidupan lingkungan perguruan tinggi di erah revolusi industri empat.

”Disini kita belajar bagaimana kita hidup bersama dengan rukun, dengan nilai luhur Pancasila dan menjaga toleransi dengan semangat kebangsaan dan semangat bela negara serta bagaimana kita mewaspadai penyalagunaan Narkoba dan lain sebagainya,”jelasnya.

“Kita tahu Kampus Unima ini memiliki sejumlah fasilitas yang ada mulai dari laboraturium, perpustakaan, klinik, dan informasi. Namun kita harus tau persis bagaimana mengunakannya dengan ketentuan dan aturan yang ada,”tambah Runtuwene.

Lanjutnya, baik Rektor sampai pada dosen termasuk mahasiswa merupakan satu keluarga, dan Unima merupakan rumah bersama yang harus di jaga kelestariannya.

”Kita semua adalah satu keluarga dan Unima adalah rumah kita, jadi kalau ada dalam satu rumah, saya sebagai Rektor, adalah orang tuannya, begitu pun dengan para dosen, tenaga kependidikan, semua adalah orang tua, dan saya selaku Rektor akan memberi ruang kepada semua mahasiswa termasuk mahasiswa baru untuk secara terbuka berkomunikasi sebagai mana kehidupan keluarga rumah besar,”papar Runtuwene.

“Di dalam rumah itu ada aturan, perlu dicintai, dijaga, dipelihara. Kalau ada kelemahan dirumah jangan dibawah keluar sebelum diselesaikan dirumah sendiri. Artinya, jika ada persoalan yang terjadi dalam proses belajar mengajar silahkan dikonsultasikan, serta diselesaikan secara internal,”tambahnya.

”Cintai rumah kita, dari rumah ini menjadi tempat yang aman, tempat nyaman dan menyenangkan untuk dapat melihat masa depan yang cerah,”pungkas istri tercinta Wali Kota Manado GS Vicky Lumentut ini.

Usai dibuka secara resmi dilanjutkan dengan pembekalan bebera materi yang disampaikan Rektor selaku Ketua Senat Unima, dan pemateri lainya yang berasal dari unsur Polri.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Pembantu Rektor Tiga Bidang Kemahasiswaan, Dr Sisca Kairupan MSi, para Dekan dan pembatu Dekan dari berbagai fakultas.

(joudi/advetorial)

About The Author

Reply

example banner
.