example banner
.

Tak Terima Dengan Pergantian Hukum Tua Di Desanya, Puluhan Warga Datangi Kantor Bupati Minsel

MURANG, Pojoksulut.id – Buntut dari pergantian Hukum Tua sepihak, puluhan warga dari Kecamatan Motoling Timur Kabupaten Minahasa Selatan datangi Kantor Bupati ingin bertemu dengan Pjs. Bupati Mecky Onibala, Senin (19/10/2020).

Mereka hendak mempertanyakan terkait pergantian Hukum Tua yang sampai saat ini membingungkan karena telah terjadi dualisme kepemimpinan di desanya.

Puluhan warga tersebut adalah masyarakat dari tiga desa yakni Desa Karimbow, Desa Karimbow Talikuran, dan Desa Malola Satu.

Firman Panjaitan salah satu warga mengatakan maksud kedatangan mereka adalah ingin menyampaikan aspirasi sekaligus menolak pergantian Hukum Tua, karena dinilai tidak sesuai dengan mekanisme aturan yang berlaku.

Menurutnya pergantian Hukum Tua saat-saat ini tidaklah tepat karena berpotensi terjadinya kegaduhan di desanya olehnya.

“Kami menolak pergantian Penjabat HukumTua didesa kami, karena selama ini kinerja Penjabat HukumTua sangatlah bagus baik program pembangunan maupun dari segi pelayanan ke masyarakat, jadi kami duga, ada maksud lain dengan pergantian Penjabat HukumTua didesa kami,” ujar Firman Panjaitan sambil diayakan warga lainnya.

Firman juga mengatakan sesuai Permendagri Nomor 1 Tahun 2018 pasal 9 ayat 1 poin b) dan e) menjelaskan bahwa pjs Gubernur, Bupati maupun Walikota mempunyai tugas dan wewenang memelihara ketentraman dan ketertiban masyarakat, serta Melakukan pengisian pejabat berdasarkan ketentuan peraturan perundang-undangan setelah mendapat persetujuan tertulis dari Menteri Dalam Negeri.

“Pergantian pejabat HukumTua dan sejumlah pejabat lainnya, saya menilai tak sesuai aturan, karena belum mendapat persetujuan Mendagri, apalagi yang dilakukan pergantian pejabat adalah mereka yang adalah Penjabat HukumTua, dan diganti oleh pelaksana tugas HukumTua.” ucapnya.

“Apalagi terjadi dualisme kepemimpinan didalam desa, jadi masyarakat dibuat bingung terkait pelayanan.” Katanya

Namun aspirasi mereka belum tersampaikan karena Pjs.Mecky Onibala tak berada di kantor. Mereka akan kembali lagi untuk bertemu dengan Pjs. Bupati sampai aspirasi mereka di dengar.

(sivriet)

About The Author

Reply

example banner
.