example banner
.

Tak Menolak Pengadaan Tempat Pemakaman Khusus Covid-19 di Wori, Bupati Panambunan : Harus Sesuai Aturan dan Saling Koordinasi

AIRMADIDI, pojoksulut.id– Sampai saat ini Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Pemprov Sulut) belum ada koordinasi ke Pemerintah Kabupaten Minahasa Utara (Pemkab Minut) tentang rencana menjadikan lahan 5 hektar di Desa Wori (Ilo-Ilo) Kecamatan Wori Kabupaten Minut sebagai Tempat Pemakaman Khusus jenazah pasien terkonfirmasi Covid-19.

Hal ini dikatakan Bupati Minut DR (HC) Vonnie Anneke Panambunan STh (VAP).

” Seharusnya dari Pemprov Sulut, koordinasikan dengan saya dulu, selaku Pemkab Minut. Nanti pihak kami akan bermusyawarah dengan Pemerintah Kecamatan, Pemerintah Desa dan masyarakat setempat,” ujar Bupati Panambunan. Kamis (30/04/2020).

Lanjut dikatakan Bupati Panambunan, dirinya mendukung rencana tersebut, asalkan lahan ini pantas dan sesuai aturan yang berlaku.

” Saya mendukung tanah dimana saja yang pantas dan sesuai aturan. Intinya tanah yang tidak produktif. Sebenarnya jenazah pasien Covid-19 itu bisa dimakamkan di TPU sesuai standar kelayakan,” tutur Bupati Panambunan pilihan rakyat Minut ini.

Bupati Panambunan juga menjelaskan terkait Surat Edaran Mendagri Nomor 440/2978/SJ Tentang Penyediaan Lokasi Tempat Pemakaman Khusus Korban Corona Virus Disease 2019 di Daerah.

” Saya taat hukum. Apa yang sudah diatur Pemerintah Pusat, pasti akan dipatuhi. Saya juga menghimbau sekali lagi, kiranya ada koordinasi yang baik antara Pemprov Sulut dan Pemkab Minut. Agar kita bisa mencari solusi bersama. Karena dengan bicara baik-baik, semuanya akan berjalan lancar dan aman,” jelas Bupati Panambunan.

Mengenai aksi demo damai yang terjadi di Desa Wori (Ilo-ilo) beberapa hari lalu, dirinya pun mengatakan, ” Tidak pernah menyuruh masyarakat untuk demo, tapi mungkin warga berpikir lahan yang akan dijadikan pekuburan itu adalah tempat dimana mereka berkebun, dekat dengan mata air dan dekat pemukiman penduduk,” tutup Bupati Panambunan.
(vhy)

About The Author

Reply

example banner
.