Selamatkan Danau Tondano, Pemkab Minahasa Canangkan Pengangkatan Eceng Gondok

TONDANO,pojoksulut.id — Apel perdana Pemkab Minahasa di tahun 2020 dilaksanakan di pinggir Danau Tondano di Kelurahan Tounsaru, Senin (6/1/2020). Apel ini dirangkaikan dengan pencanangan pengangkatan eceng gondok dengan tema Lume’os in Lour Toudano.

Pencanangan tersebut merupakan  komitmen Bupati dan Wakil Bupati Minahasa, Ir. Royke Octavian Roring, MSi dan Robby Dondokambey SSi untuk menyelamatkan Danau Tondano, dan didukung sepenuhnya oleh semua elemen masyarakat bersama Forkopimda, bahkan tokoh lintas agama termasuk berbagai denominasi gereja.

”Mari kita bersama-sama mendukung dan mensukseskan Gerakan Perangi Eceng Gondok demi menyelamatkan Danau tercinta kita, karena gulma di Danau adalah musuh kita bersama,”ungkap Kabag Humas dan Protokol Setdakab Minahasa Maya Kainde, SH, MAP.

Lanjutnya, Danau Tondano telah menjadi perhatian khusus Pemkab Minahasa maupun Pemprov Sulut, bahkan Pemerintah pusat.Oleh sebab itu, tambah Kainde, danau ini menjadu prioritas untuk mendapatkan penanganan, sehingga bupati dan wakil bupati pada 2019 lalu telah berupaya mengkonsultasikan permasalahan danau Tondano ke pemerintah pusat untuk mendapat penanganan yang serius.

”Puji syukur aset kita ini yakni Danau Tondano termasuk dalam prioritas Pemerintah pusat, bahkan bakal di bantu penanganannya,”pungkasnya.

Selain pencanangan pengangkatan eceng gondok juga dilaksanakan pencanangan BPJS Ketenagakerjaan melalui program ASN Care bagi sopir, tukang ojek dan tukang tibo, penyerahan dua unit mobil pemadam kebakaran, ena unit mobil ambulans, enam unit motor kapal ikan serta pencanangan penggunaan pakaian adat Minahasa.

(joudi)

About The Author

Reply