example banner
.

Sekda Mitra: BUMDes Merupakan Motor Penggerak Pembangunan Desa

RATAHAN,pojoksulut.id — Badan usaha Milik Desa (BUMDes) adalah suatu wadah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa. Selain itu, BUMdes juga merupakan motor penggerak pembangunan yang ada di desa.

Hal tersebut diungkapkan Sekda Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) Drs Robby Ngongoloy, ketika membuka pelatihan ketrampilan manajeman Bumdes di aula SMKN 1 Ratahan, Selasa (12/11/2019).

Menurutnya, kegiatan pelatihan ketrampilan manajemen BUMDes sangat penting dilaksanakan karena para pengurus Bumdes perlu untuk mendapat ketrampilan tentang bagaimana mengelola BUMDes.

“BUMDes merupakan salah satu hal penting dalam memajukan pembangunan serta kesejahteraan di desa. Bahkan pemerintah saat ini memberikan perhatian serius terhadapan Bumdes,”ujarnya.

“Bantuan tersebut adalah bantuan pemerintah yang harus dikelola dengan baik karena setiap tahun ada pemeriksaan,”tambah Ngongoloy.

Lanjutnya, BUMDes setiap tahunbya harus ada peningkatan karena setiap tahun ada dana yang dikucurkan sebagai modal untuk mendapatkan keuntungan bagi desa yang bersangkutan.

“Tahun depan, BUMDes diberi tugas untuk mengelola pariwisata yang ada di di masing masing desa. Kalau perlu, tahun depan semua pengurus BUMDes ke Bali untuk melihat bagaiman mengelola sektor wisata dari BUMDes ini,”ujar mantan Inspektorat Kabupaten Mitra ini.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Drs Boyke Akay mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan agar para pimpinan BUMDes dapat lebih lagi mengerti manajemen BUMDes sehingga pengelolaanya berjalan dengan baik.

“Kegiatan ini diikuti hanya 54 desa dari 134 desa yang ada di Kabupaten Mitra. Nantinya, desa yang belum mengikuti kegiatan ini, akan diikutkan pada tahapan berikutnya,”jelasnya.(fred)

About The Author

Reply

example banner
.