example banner
.

Sekda Minahasa Buka Bimtek E-Planing dan Coaching Clinic RPJMD, Renstra dan Renja 

TONDANO,pojoksulut.id — Bupati Minahasa melalui Sekretaris Daerah Jeffry Korengkeng SH, MSi, Selasa (28/5/2019), membuka Bimtek E-Planning dan Coaching Clinic rencana pembangunan jangka menengah daerah atau RPJMD, rencana strategis atau Renstra dan rencana kerja atau Renja.

Dalam pesannya, Sekda Korengkeng mengatakan bahwa, pemerintah daerah sesuai dengan kewenangannya menyusun rencana pembangunan daerah sebagai satu kesatuan dalam sistem perencanaan pembangunan nasional yang artinya RPJPN dan RPJNN, RPJP dan RPJMD provinsi serta RPJPD dan RPJMD Kabupaten Minahasa harus sinkron dan selaras menuju tercapainya tujuan pembangunan nasional.

Hal tersebut, lanjut Korengkeng, juga berlaku terhadap Renstra dan Renja perangkat daerah.

“Pembangunan daerah sebagai satu kesatuan dan bagian integral pembangunan nasional karena selain ditujukan untuk memenuhi prioritas dari visi dan misi kepala daerah pembangunan daerah juga harus berkontribusi pada capaian tujuan pembangunan nasional,”jelasnya.

Penerapan e-planning, menurut Sekda Korengkeng diharapkan dapat memberikan kemudahan bagi semua pihak, baik masyarakat dan semua stakeholder terhadap akses informasi sebagai acuan untuk berpartisipasi dan melakukan pengawasan.

“E-planning ini juga nantinya dapat membantu terbangunnya sikap positif para stakeholder dan terhindarnya dari sikap apriori terhadap program-program pembangunan didaerah akibat keterbatasan informasi,”ujarnya.

“Pemerintah Kabupaten Minahasa akan mulai melakukan penginputan dokumen perencanaan pembangunan meliputi RPJMD dan RKPD, Renstra dan Renja akan menjadi momentum yang baik untuk memperbaiki permasalahan perencanaan pembangunan daerah,”tambah Korengkeng.

Ia menambahkan, organisasi perangkat daerah atau OPD perlu meningkatkan kemampuan aparaturnya, khususnya perencanaan melalui bimbingan teknis penggunaan aplikasi e-planning yang diadakan seperto ini.

“E-planning dapat terlaksana dengan baik maka semua dokumen perencanaan harus selaras satu dengan yang lainnya. Untuk itu dalam kegiatan ini kita juga akan mengadakan pendalaman terhadap RPJMD, RKPD, Renstra dan Renja terutama dalam menetapkan indikator kinerjanya,”tandasnya.

Tampil sebagai narasumber dalam Bimtek ini Pengendali Teknis Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah Yannes Tukijan, Koordinator Pengawasan Bidang Akuntabilitas Pemerintah Daerah Mardiyanto Arif.

(joudi)

About The Author

Reply

example banner
.