example banner
.

Sekda Kuhu Buka Bimtek Penyusunan Profil Desa Berbasis Website di Bali

AIRMADIDI,pojoksulut.id — Bupati Minahasa Utara (Minut) melalui Sekda Ir Jemmy Hengky Kuhu MA, membuka Bimtek penyusunan profil desa berbasis webstite di Hotel Eden Kartika Plaza, Bali, Selasa (30/7/2019).

Bimtek yang dilaksanakan Dinas Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos-PMD) Minut itu, diikuti 74 Hukum Tua, 77 Sekdes, 27 Kaur Keuangan, 2 Kaur Pemerintahan, 1 Sekcam 1 dan 5 BPD dari 97 desa di Minut.

Sebagai pendamping, Camat Kalawat Alexander Warbung SIP, Camat Kema Vilma Anthoni SH MH, Camat Likupang Selatan Adrian Walansendouw SPd, Camat Kauditan Martho Rasubala serta 5 orang perwakilan PKK sebagai peninjau.

Dalam pesannya, Sekda Ir Jemmy Hengky Kuhu MA mengatakan, ketersediaan data yang valid dan akuntabel merupakan suatu elemen penting dalam perencanaan dan program-program profil desa.

Namun, lanjut Kuhu, fenomena selama ini menunjukan bahwa profil desa belum dilaksanakan secara maksimal sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Tahun ini, kita diperhadapkan dengan restrukturisasi perangkat desa dan pemilihan hukum tua 2019 secara serentak. Dengan adanya pedoman profil desa diharapkan para aparatur desa dapat meningkatkan profesionalisme dan kinerja yang meliputi seluruh kegiatan pemerintahan,”ujarnya.

“Tindak lanjuti kebijakan pemerintah dalam mengembangkan profil desa guna tercapainya pembinaan aparatur desa yang efektif melaksanakan tugas  dalam terlaksananya pemerntah desa yang mandiri,”tambah Kuhu.

Sementara itu, Kepala Dinsos-PMD Minut Bobby Nayoan SH berharap, para peserta dapat menggunakan kesempatan ini sebaik-baiknya untuk mendorong 125 desa di Kabupaten Minut memiliki website yang berisi profil desa.

“Website desa ini sangat penting. Di Minut sudah sangat ketinggalan karena hanya 3 desa yang memiliki profil desa, sementara 122 desa lainnya sama sekali tidak memiliki website. Karena Website ini berisi seluruh informasi tentang desa, mulai dari demografi, data luas wilayah, lahan pertanian sampai dengan semua data kependudukan di setiap desa,” terangnya.

Lanjutnya, penilaian Kementrian Desa terhadap wesite yang berisi profil desa ini sangat tinggi karena akan menjadikan desa yang unggul diantara desa-desa di Indonesia.

“Desa-desa di Minut wajib memiliki website yang berisi profil desa, karena jika tidak akan berpengaruh kepada pengelolaan program-program pembangunan di desa yang bersangkutan. Website ini memang anggaran per bulannya memang ada, tapi jika dibuat secara kolektif bisa saja ada pemotongan harga,”jelasnya.

(vhy)

About The Author

Reply

example banner
.