example banner
.

Sekda Korengkeng Hadiri Rakornas Tim Terpadu Kewaspadaan Nasional 

TONDANO,pojoksulut.id — Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Minahasa, Jeffry Robby Korengkeng SH, M.Si, mengikuti Rakornas Tim Terpadu Kewaspadaan Nasional yang dilaksanakan oleh Direktorat Kewaspadaan Nasional Ditjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri di Jakarta, Kamis (16/5/2019).

Rakornas yang dibuka Menkopulhukam Wiranto ini, juga dihadiri Mendagri Tjahjo Kumolo, SH, tim Terpadu Penanganan Konflik Sosial pusat, provinsi, dan kabupaten/kota, gubernur, bupati/walikota, TNI, Polri se-Indonesia.

Menurut Menkopulhukam Wiranto, sinergitas antara pusat dan daerah dalam rangka menetralisir ancaman khususnya isu yang berkembang pasca Pemilu 2019 sangat diperlukan.

“Saya mengharapkan koordinasi dari Forkopimda provinsi maupun kabupaten/kota untuk mencegah, mengantisipasi indikasi atau kecenderungan terjadinya konflik sosial. Kepada seluruh komponen bangsa untuk dapat merekatkan persatuan dan kesatuan pasca Pemilu 2019,”tegasnya.

Sementara itu, Mendagri Tjahjo Kumolo mengingatkan perlunya deteksi dini dalam pencegahan konflik sosial, dan peran camat untuk dapat berkoordinasi dengan Forkopimcam bahkan BIN.

“Peran Kesbangpol, SatpolPP di daerah juga diharapkan dapat membantu penanganan konflik sosial ini. Kunci penanganan konflik sosial itu ada pada koordinasi tiap elemen di daerah,”tandas Kumolo.

(joudi)

About The Author

Reply

example banner
.