Satu Tahun Nakhodai Minahasa, Program Pro Rakyat ROR-RD Diapresiasi Masyarakat

TONDANO,pojoksulut.id — Rabu 25 September 2019, Bupati Ir Royke Octavian Roring MSi dan Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi (ROR-RD) satu tahun menakhodai Kabupaten Minahasa. Selama memimpin, pasangan yang diusung PDI Perjuangan ini melahirkan berbagai program pro rakyat yang berhasil menuai apresiasi.

Mensyukuri satu tahun kepemimpinan mereka, ROR-RD menggelar ibadah bersama jajaran Pemkab Minahasa di GMIM Sentrum Tondano, Rabu (25/9/2019).

Ibadah tersebut dipimpin Ketua Badan Pekerja Majelis Sinode ( BPMS) GMIM Pdt Hein Arina STh. Para pemuka agama juga turut mendoakan pasangan ini.

Dalam sambutannya, Bupati ROR mengatakan bahwa ia bersama Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi akan terus bekerjasama memberikan yang terbaik bagi tanah Minahasa.

“Kami akan terus bekerjasama sambil berkeyakinan bahwa tidak ada pemimpin tanpa cacat celah, kalau kami menyimpang, silahkan dikritik asalkan kritik yang membangun serta sesuai mekanisme. Pastinya aspirasi dari masyarakat akan diproses sebagaimana mestinya,”ungkapnya.

”Semua hal yang saya dan pak RD capai, tentunya tidak akan sukses jika tanpa dukungan semua jajaran terutama seluruh masyarakat Kabupaten Minahasa yang telah secara kooleratif bersinergi dengan pemerintah,”tambah bupati.

Lanjutnya, Bupati ROR meminta kepada masyarakat untuk terus menopang dalam doa agar mereka betul-betul memberi diri untuk melayani rakyat di Kabupaten Minahasa.

”Makanya kepada perangkat juga saya menekankan bahwa kita ini adalah perangkat pelayan, bukan perangkat yang harus dihormati, untuk itu mari kita bersama menjadi pelayan bagi rakyat di Kabupaten Minahasa,”tegasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi mengaku bersukacita karena program-program yang mereka cetuskan mendapat respon postif.

“Meskipun mendapat respon positif, program-program tersebut akan terus disempurnakan demi mewujudkan visi dan misi ROR-RD,”jelasnya.

Dalam ibadah ini Pemkab Minahasa menyerahkan bantuan bagi Panti Sosial Werda untuk 50 Lansia sebesar Rp 60 juta, PSTW Ina 1 sebanyak 35 Lansia sebesar Rp 42 juta, PSTW Yakobus Peduli untuk 20 Lansia sebesar Rp 24 juta.

Selanjutnya, PSTW Pengasih untuk 60 lansia sebesar Rp 72 Juta, PSTW El-Shadai untuk 40 lansia sebesar Rp 48 juta, PSTW Masawangan untuk 50 lansia sebesar Rp 60 juta.

Sementara bantuan kepada 121 Lansia diserahkan secara simbolis kepada Ronny Rampen dan Jantje Aguw masing-masing Rp 1,2 juta.

22 Program Unggulan ROR-RD :
1. Pembangunan sarana prasarana Pendidikan.
2. Memperkuat kompetensi Guru ( antara lain bantuan studi)
3. Selain bebas biaya sekolah, juga seragam, sepatu dan tas untuk siswa baru kelas 1 SD dan kelas 7 SMP
4. Meningkatkan pelayanan seluruh puskesmas (BPJS Gratis)
5. Pengadaan satu unit Ambulance di setiap Kecamatan.
6. Pembangunan Rumah layak Huni dan peningkatan kualitas rumah tinggal keluarga miskin.
7. Peningkatan Insfrastruktur jalan dan jembatan.
8. Peningkatan kualitas pelayanan publik
9. Membangun fasilitas pariwisata di sekitar danau Tondano, Pantai timur dan Pantai barat.
10. Pemberian bantuan usaha pertanian, perkebunan dan perikanan.
11. Peningkatan sarana dan prasarana olah raga di desa-desa.
12. Pemberian bantuan untuk peningkatan sarana peribadatan.
13. Pemekaran Langowan dan Minahasa barat.
14. Peningkatan kerja sama pembangunan dengan elemen masyarakat termasuk pemberian intensif khusus untuk Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat.
15. Bantuan kesehatan untuk penduduk lanjut usia.
16. Bantuan Dana Duka
17. Mendorong profesionalisme Pegawai Negeri Sipil (ASN),peningkatan kesejahteraan dan pemberian bantuan studi lanjut untuk pegawai negeri sipil.
18. Peningkatan kesejahteraan aparat desa dan penghargaan bagi aparat desa berprestasi.
19. Dialog terbuka kepada masyarakat secara periodik.
20. Menjamin keamanan, ketertiban, kenyamanan hidup dan berusaha di seluruh wilayah Minahasa.
21. Mendorong penguatan karakter dan Budaya Minahasa dengan prinsip Mapalus dan Sitou Timou Tumou Tou.
22. Pembentukan unit Reaksi- Respons- Relief Daerah (RR-RD) Call center.

(advertorial/joudi)

About The Author

Reply