example banner
.

Rumagit: Gerakan Literasi Digital Dorong Konten Kreatif di Media Sosial

TONDANO,pojoksulut.id — Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi yang diwakili Asisten Bidang Administrasi Umum Sekdakab Hetty Rumagit SH, membuka Seminar Nasional Literasi Digital dan Sosialisasi World Cleanup Day di BPU Tondano, Rabu (31/7/2019).

Seminar yang digagas oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bekerja sama dengan Dinas Kominfo Kabupaten Minahasa ini, diikuti ratusan peserta dari unsur siswa SMP, SMA, SMK, mahasiswa UNIMA Tondano dan THL dari semua OPD Pemkab Minahasa.

Dalam sambutan Bupati Minahasa yang disampaikan Asisten III Hetty Rumagit mengucapkan terima kasih karena telah memilih kabupaten Minahasa sebagai salah satu lokasi penyelenggaraan kegiatan seminar nasional ini.

Lanjutnya, salah satu ancaman terbesar terhadap Indonesia adalah penyebaran konten negatif melalui media digital maupun manual disebabkan rendahnya pemahaman mengenai penggunaan media untuk menerima dan menyebarkan informasi secara tepat guna atau juga disebut dengan rendahnya literasi melalui media.

“Pesatnya pertumbuhan alat-alat teknologi informasi dan komunikasi seperti smartphone dan medsos yang tidak diimbangi literasi digital penggunanya, mengakibatkan banyak informasi hoax yang menyesatkan menyebar beredar lewat berbagai jalur digital, termasuk situs media online, blog,  website, sosmed, email, dan aplikasi pesan instan,”ungkapnya.

“Karena itu, budaya literasi digital keberhasilannya adalah terwujud kesadaran masyarakat untuk menggunakan internet secara cerdas,  aman, dan produktif baik dalam hal pendidikan, hiburan, ekonomi, maupun turut serta dalam partisipasi publik untuk membantu pemerintah dalam pembangunan,”tambah Rumagit seraya berharap, penyelenggaraan kegiatan ini akan mampu memberi manfaat bagi seluruh peserta yang hadir dalam seminar ini.

“Literasi digital sangat penting untuk mengantisipasi hal-hal negatif yang mungkin timbul akibat teknologi internet, karena gerakan literasi digital menjadi strategi penting untuk berinternet secara sehat dan mendorong tumbulnya konten-konten kreatif inspiratif di media sosial,”pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Kominfo Minahasa Agustivo Tumundo SE MSi, Kepala Seksi Penerapan Literasi Digital Kementerian Kominfo Bagio Prihatono, Kepala Seksi Perancangan Leterasi Digital Kementerian Kominfo Rangga Adi Negara, Komika Geil Najoan serta tim Leader WCD Sulut, dan undangan lainnya.

(joudi)

About The Author

Reply

example banner
.