example banner
.

ROR-RD Hadiri Musrenbang Regional Sulawesi dan Musrenbang RKPD Sulut

TONDANO,pojoksulut.id — Bupati Ir. Royke Octavian Roring, M.Si dan Wakil Bupati Robby Dondokambey, S.Si (ROR-RD), menghadiri musyawarah rencana pembangunan atau Musrenbang regional Sulawesi tahun 2019 dan Musrenbang RKPD 2020 Propinsi Sulawesi Utara (Sulut), Senin (1/4/2019).

Kegiatan yang dilaksanakan di Hotel Peninsula Manado itu, dihadiri Wakil Gubernur Sulut Steven Kandouw, Wakil Ketua MPR RI E E Mangindaan dan Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kemendagri Teguh Setyabudi.

Selain itu, hadir juga Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Longki Djanggola, Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Andi Sulaiman, Wakil Gubernur Sulawesi Barat Hajah Erni Anggraini Anwar, Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim, dan Forkopimda Sulut.

Dalam pesannya, Wagub Sulut Steven O E Kandouw mengatakan kegiatan Musrenbang ini sesuai dengan tata cara perencanaan pengendalian dan evaluasi, pengembangan pembangunan daerah jangka panjang, dan rencana pembangunan jangka menengah serta rata cara perubahan rencana pembangunan jangka panjang daerah rencana pembangunan jangka menengah.

“Karena tidak ada daerah yang bisa berdiri sendiri baik kabupaten kota maupun provinsi harus saling suplementer dan komplementer karena ada timbal balik dengan sebab akibat dari pembangunan daerah dalam menetapkan pendekatan kepada Kementerian,”ucapnya.

Masalah perdagangan, energi serta perikanan turut disentil Wagub Sulut Steven Kandouw di Musrenbang regional Sulawesi ini.

Menurutnya, untuk mencermati masalah perdagangan harus di ciptakan cluster-cluster di Lulau Sulawesi dengan industri barang-barang dan produk-produk dari Sulawesi saja yang di gunakan tidak ambil dari pulau yang lain.

Begitupula dengan masalah Energi yang kita tahu energi yang ada di Sulawesi berkelebihan yang luar biasa dengan 60 KW, tapi kita masih mengontrak Kapal dari Turki selama 32 tahun lagi.

“Masalah perikanan sekarang, ibu menteri (Susu Pujiastuti) belum memberikan izin usaha perikanan sehingga saat ini kami gubernur dan wakil Gubernur,.mencari solusinya dengan bekerjasama agar rakyat betul-betul merasakan bagaimana manfaat pemerintah yang ada di Sulawesi,”tandasnya.

Diakhir kegiatan ini, Kabupaten Minahasa berhasil meraih penghargaan pembangunan daerah terbaik ke-III tingkat propinsi Sulawesi Utara. Penghargaan ini diterima Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey.

(joudi)

About The Author

Reply

example banner
.