example banner
.

Ratusan Ribu Benih Ikan Disebar di Danau Tondano

TONDANO,pojoksulut.id — Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Minahasa melakukan penambahan ikan (Restocking) dengan menebar 400 ribu benih ikan di Danau Tondano, Jumat (7/12/2018). Benih ikan yang disebar adalah Ikan Nila dan Ikan Mas.

Restocking ini dilakukan di objek wisata Sumaru Endo, Kecamatan Remboken. Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey hadir dalam kegiatan ini.

Menurut Plt Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kabupaten Minahasa, Hendrik Kaunang, tujuan Restocking ini adalah untuk mensejahterakan nelayan khususnya yang ada di seputaran Danau Tondano.

“Perikanan adalah salah satu sektor unggulan dari visi dan misi bupati dan wakil bupati Minahasa. Dengan adanya Restocking ini, kami berharap perekonomian nelayan yang ada di sekitar Danau Tondano bisa meningkat,”terang Kaunang.

Sementara itu, Wakil Bupati Robby Dondokambey mengatakan Kabupaten Minahasa merupakan salah satu daerah di Sulawesi Utara yang memiliki peran strategis dalam pengembangan usaha perikanan.

“Kabupaten Minahasa adalah daerah yang cukup potensial untuk kegiatan perikanan baik perikanan tangkap maupun perikanan budidaya. Pembangunan sektor perikanan mempunyai peranan penting dalam mendukung kesejahteraan masyarakat,”jelas wabup.

Ia menambahkan, penebaran ikan di Danau Tondano ini sesuai dengan arahan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti, untuk memperkaya ikan di sumberdaya perairan yang ada, sehingga dapat di manfaatkan oleh masyarakat sekitarnya, untuk meningkatkan pendapatan, mendukung ketahanan pangan dan juga meningkatkan nutrisi masyarakat.

“Kedepannya, Restocking bisa dijadikan contoh dan ditiru oleh masyarakat. Sehingga masyarakat mampu melakukan Restocking dengan kesadaran sendiri,  dan apabila didukung dengan kearifan lokal akan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat secara berkelanjutan,”tandas Wabup Dondokambey.

(joudi)

About The Author

Reply

example banner
.