example banner
.

Puluhan Warga Gelar Aksi Damai di PN Airmadidi

AIRMADIDI,pojoksulut.id —- Warga Kelurahan Airmadidi Atas Kecamatan Airmadidi, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), mendatangi kantor Pengadilan Negeri (PN) Airmadidi, Selasa (11/6/2019).

Kedatangan mereka untuk menggelar aksi damai terkait permasalahan ganti rugi lahan pembangunan jalan Tol Manado-Bitung  yang belum kunjung tuntas.

Dari pantauan, aksi ini berjalan damai. Beberapa personel Polres Minut terlihat berjaga-jaga di lokasi.

Beberapa pengunjuk rasa meminta agar Kepala Kantor PN Airmadidi, Nova Loure Sasube SH, MH, datang menemui dan mendengarkan keluhan mereka. Namun sampai aksi ini berakhir, Kepala PN Airmadidi, tidak merespon permintaan mereka.

“Sudah mengajukan permohonan kepada Ketua PN Airmadidi untuk memerintahkan pembayaran uang konsinyasi yang merupakan hak dari pemilik lahan. Tapi hingga saat ini belum dibayarkan”, ungkap kuasa hukum pemilik lahan, Maria Pangemanan SH.

Sementara itu, koordinator aksi damai Sonny Montolalu meminta kepada pihak PN Airmadidi untuk menindaklanjuti keluhan warga ini.

“Segera dibayarkan uang kami. Yaitu pembayaran ganti rugi lahan. Karena sudah ada remomendasi dari Badan Pertanahan Nasional (BPN),”ujar Montolalu.

Diketahui, Kantor Wilayah BPN Sulawesi Utara pada 15 Desember 2018 lalu, telah mengeluarkan rekomendasi yang ditujukan kepada PN Airmadidi untuk melakukan pembayaran dana konsinyasi kepada 17 pemilik lahan kavling.

(vhy)

About The Author

Reply

example banner
.