example banner
.

Puluhan Desa di Minahasa Utara Belum Memasukkan SPJ Dandes 2018

AIRMADIDI, pojoksulut.id —- Sebanyak 83 desa di Kabupaten Minahasa Utara (Minut) belum memasukkan Surat Pertanggung Jawaban (SPJ) Dana Desa atau Dandes tahun 2018. Akibatnya, penyaluran Dandes tahap pertama tahun 2019 masih terbatas.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Inspektorat Minut, Umbase Mayuntu S.Sos, M.Si saat ditemui media ini di kantor Bapelitbang Minut, Senin (10/6/2019).

“Dari 125 desa yang ada di Minut, baru 42 desa yang memasukan SPJ sampai akhir triwulan dua ini. Sedangkan 83 desa lainnya, dianggap masih misterius alias tidak jelas, karena sampai saat ini belum memasukan SPJ,”jelas Mayuntu.

Ia menambahkan, 83 desa yang belum memasukan SPJ Dandes tahun 2018, diduga proyek dari masing-masing desa tersebut bermasalah.

“Dari hasil temuan kami hingga ditingkatkan menjadi laporan, penyelewengan Dandes ada di 2 desa yaitu Desa Langsa Kecamatan Wori, dan Desa Ehe Kecamatan Likupang Timur,”terang Mayuntu.

“Setiap didapati dugaan temuan penyelewengan Dandes, diberikan waktu 30 hari untuk penyelesaian permasalahan. Tapi apabila tidak diselesaikan, maka ini akan ditingkatkan menjadi laporan dan akan direkomendasikan ke lembaga yudikatif Aparat Penegak Hukum (APH) Kepolisian atau Kejaksaan Negeri,ā€¯tambahnya.

Diketahui, Dandes tahap pertama di Kabupaten Minut per akhir Mei 2019, baru 10 desa yang terealisasi. Sementara 115 desa lainnya, masih dalam tahap evaluasi dan verifikasi.

(vhy)

About The Author

Reply

example banner
.