example banner
.

Pilkada Sesuai Protap Covid-19, Pemkab Tunjang Dana 2 Miliar Untuk Bawaslu Minut

AIRMADIDI, pojoksulut.id–Jelang tahapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak yang tinggal menghitung hari, tepatnya 15 Juni 2020 ini khusus untuk Pilkada Minahasa Utara (Minut), Bawaslu mendapat alokasi dana sebesar Rp 2 Miliar.

Hal tersebut sesuai dengan keputusan Pemerintah pusat, yakni untuk Pemerintah Daerah yang menggelar Pemilu, wajib memfasilitasi KPU dan Bawaslu dengan Alat Pelindung Diri (APD), karena penyelenggaraan Pilkada ini di situasi Pandemi Covid-19.

Menurut Kordiv Pengawasan, Humas dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Minut Rahman Ismail SH, anggaran yang diajukan Bawaslu Minut senilai Rp 2 Miliar telah disetujui oleh pemerintah daerah dalam hal ini Bupati DR (HC) Vonnie Anneke Panambunan STh.

“Sesuai petunjuk Menteri Dalam Negeri (Mendagri) memerintahkan dana tersebut bisa dikelola langsung oleh Bawaslu maupun dari Pemda sendiri melalui Dinas Kesehatan. Dan tadi saat pertemuan dengan Bupati diputuskan kami Bawaslu menyerahkan kepada Pemda untuk menangani APD tersebut. Bawaslu tentunya mengapresiasi respon baik oleh Pemda mengenai hal ini,” jelas Maman sapaan akrabnya. Usai rapat dengan Bupati Panambunan terkait penambahan anggaran tersebut. Rabu (10/6/2020).

Maman juga menambahkan bahwa, pengadaan APD ini sesuai tahapan yang berjalan.

” Jadi Bawaslu mengajukan permintaan setiap tahapan Pilkada kepada Pemda. APD ini diperuntukan bagi seluruh jajaran Bawaslu hingga ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) sebagai pendukung pengamanan dalam menjalankan tugas-tugas pengawasan disaat musim pandemi Covid-19. Bentuk APD sesuai protokol kesehatan yang diatur pemerintah,” tutupnya.
(vhy)

About The Author

Reply

example banner
.