example banner
.

Pertama di Sulut, Desa Pulisan Likupang Timur Jadi Contoh PPMTP-PAUD

AIRMADIDI,pojoksulut —- Pemerintah dan masyarakat Desa Pulisan Kecamatan Likupang Timur, Kabupaten Minahasa Utara (Minut), layak diberikan apresiasi.

Pasalnya, desa yang dipimpin Hukum Tua Vekly Ansa ini, menjadi desa pertama di Sulawesi Utara (Sulut) yang dijadikan contoh atau sample peserta jelang sinkronisasi Program Peningkatan Mutu Tenaga Pendidik – Pendidikan Anak Usia Dini (PPMTP – PAUD) di Surabaya, 29-31 Agustus 2019 lalu.

“Desa Pulisan, satu-satunya desa di Sulawesi Utara, yang diundang oleh Direktorat Jenderal PGTK PAUD Kementerian Pendidikan Nasional RI untuk hadir di Kota Surabaya, Jawa Timur. Disana, ada 25 desa se-Indonesia yang hadir,”terang Camat Likupang Timur, Vandy S Posumah SSTP, Kamis (5/9/2019).

Lanjutnya, kepercayaan yang diberikan Kemendiknas RI ini akan menjadi motivasi sekaligus langkah awal yang merupakan suatu kapasitas peningkatan guru PAUD, supaya kedepannya bisa dianggarkan oleh pemerintah desa.

“Ploting dana tersebut harus memenuhi ketentuan yang berlaku. Misalnya, PAUD itu sudah beroperasional sekian tahun, punya legalitas dan dokumentasi aktifitas rutin, serta tenaga guru honorrernya memiliki sertifikasi guru PAUD,”kata Posumah.

“Ini juga sebagai antisipasi dan menghindari adanya PAUD dadakan seperti ada kelompok tani siluman,”tandasnya.

Sementara itu, Hukum Tua Desa Pulisan Vekly Ansa menjelaskan sangat mendukung program PPMTP – PAUD ini, dan akan menganggarkan program ini melalui Dana Desa.

“Nanti anggarannya akan dibahas pada Musrembang desa. Jika memang bisa untuk pembangunan mental, maka saatnya program ini direalisasi melalui Dana Desa demi menunjang peningkatan mutu tenaga pendidik honorer,”jelas Ansa.

(vhy)

About The Author

Reply

example banner
.