example banner
.

Peringati Hari Pahlawan, Pemkab Minut Gelar Upacara Bendera di TMP Walanda Maramis

AIRMADIDI, pojoksulut.id– Memperingati Hari Pahlawan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Utara (Minut) yakni Sekretaris Daerah (Sekda) Minut Ir Jemmy H Kuhu MA mewakili Bupati Vonnie Anneke Panambunan STh serta  para Asisten Pemkab Minut, Kepala SKPD bersama jajarannya hadiri Upacara Bendera sekaligus ziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Maria Walanda Maramis, Minggu (10/11/2019).

Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) Kepala Pengadilan Negeri Airmadidi Mohammad Saleh SH MH  dan sebagai Komandan Upacara Danramil 1310-03 Likupang Kapten Inf Sunaryo.

Mohamad Saleh SH MH membacakan amanat dari Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita

yang mengatakan bahwa ” Hari Pahlawan Tahun 2019 ini mangusung tema Aku Pahlawan Masa Kini”

Lanjut dibacakannya lagi, “Sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Father kita Bung Karno yang menyatakan bahwa “Hanya Bangsa Yang Menghargai Jasa Para Pahlawannya dapat menjadi Bangsa Yang Besar.

Sesuai tema peringatan Hari Pahlawan Tahun 2019 Menjadi Pahlawan Masa Kini dapat dilakukan oleh siapapun Warga Negara Indonesia dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI seperti menolong sesama yang terkena musibah tidak melakukan provokasi yang dapat mengganggu ketertiban umum tidak menyebarkan berita hoax tidak melakukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya.

Peringatan Hari Pahlawan kiranya dapat meningkatkan kesadaran kita untuk lebih mencintai tanah air dan menjaga sampai akhir hayat dan Hari Pahlawan ini kiranya bukan hanya bersifat seremonial Semata tetapi dapat diisi dengan berbagai aktivitas yang dapat menyuburkan rasa nasionalisme dan meningkatkan rasa kepedulian untuk menolong sesama yang membutuhkan

Sementara itu Sekda Minut Ir Jemmy H Kuhu MA mngajak warga Minut dalam momentum hari pahlawan ini untuk bersama pemerintah ikut membangun Minut.

“Untuk menjadi pahlawan kita tidak hanya bisa mengangkat senjata, tetapi dengan cara menorehkan prestasi yang bisa mengangkat harkat bangsa,” tukas Kuhu.

Terpisah Kapolres Minut, AKBP Grace  Rahakbau SIK MSi mengajak kaum Milenial untuk ikut berkarya menjadi pahlawan masa kini.

“Di hari pahlawan ini kita akan fokus kepada generasi muda arahkan mereka ke hal-hal yang positif, agar mereka bisa berkarya dan berkreasi untuk masa depan, mengisi kemerdekaan dengan Pendidikan dan mengukir prestasi yang baik agar menjadikan bangsa ini berkualitas di masa yang akan datang,” ujar Kapolres Rahakbau

Usai Upacara Bendera  dilanjutkan dengan peletakan karangan bunga dan tabur bunga.

Turut hadir dalam upacara bendera Wakapolres Minut Kompol Refly Kaunang,  Mayor Inf Vino Onibala, Mayor Inf Rich Pusung, Mayor Inf Gusnawan MK, Kapten Czi Yulian Trisaptono, Mewakili Kajari Minut Kasi Pidsus Hendra Saputra, Para Camat, Para Veteran.

Peserta upacara dari unsur TNI, Polri, Satpol PP Pemkab Minut Para Siswa SD dan SMP di dampingi Para Guru serta tamu undangan lainnya. (vhy)

About The Author

Reply

example banner
.