example banner
.

Pengusaha UMKM di Minsel Diimbau Patenkan Merek Dagangnya

AMURANG, pojoksulut.id – Para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) mengikuti sosialisasi dari Kanwil Kemenkumham Sulut mengenai Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) di aula kantor bupati Minsel, Jumat (5/10/2018).

Dalam sosialisasi tersebut, para pelaku UMKM di Kabupaten Minsel diimbau untuk segera mematenkan segala bentuk produk, baik barang atau jasa agar terdaftar menjadi hak milik secara paten.

Kegiatan yang dibuka Sekdakab Minsel Danny Rindengan ini, dihadiri puluhan pelaku usaha Kabupaten Dodol.

“Pemkab Minsel sangat mengapresiasi kegiatan sosialisasi ini dan kiranya dengan ini warga yang mengikuti khususnya pelaku usaha segera mendaftarkan dan mematenkan barang atau jasa yang ada,” tandas Rindengan.

Pembawa materi dari Bidang Hukum Kanwil Kemenkumham Sulut Aswan Idrak menyebutkan, UMKM Minsel belum ada yang melakukan pendaftaran untuk mematenkan hak produknya melalui HAKI.

“HAKI sejatinya muncul dari hasil oleh pikir atau kreasi manusia yang pada akhirnya menghasilkan suatu produk atau proses yang berguna bagi manusia. Di Minsel saya lihat banyak sekali HAKI baik kepemilikan komunal maupun personal yang tentunya harus dilindungi. Diharapkan setelah sosialisasi ini bisa ada pemahaman dan paling tidak akan tahu jika HAKI itu tidak dilindungi maka akan terjadi kerugian bagi para pelaku usaha,” sebutnya.

Terpisah, Kasi Pembiayaan Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Sulut Yahya Gultom yang juga membawa materi mengharapkan pelaku usaha di Minsel segera melegalkan produk ciptaannya secara hukum. “Jika tidak, maka bisa produk kreasi pelaku usaha di Minsel bisa saja diduplikat dan yang merintis awal akan dirugikan,” ujarnya.

Kadis Koperasi Dan UKM Minsel Meity Netty Tumbuan menyebutkan sangat mengapresiasi sosialisasi ini agar dapat mengingatkan para pelaku usaha dan UMKM untuk segera melegalkan produknya.

“Tentunya dengan ini banyak pelaku usaha lebih paham dan mengerti bagaimana dan apa HAKI itu. Diharapkan juga selepas sosialisasi, semua produk milik mereka dapat segera didaftarkan dan dipatenkan secara hukum,” pungkas Tumbuan.

(hard)

About The Author

Reply

example banner
.