example banner
.

Pemprov dan Unsrat Mantap Rancang Sistem Kelapa Sulut

MANADO, pojoksulut.id – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Utara (Sulut) bersama Universitas Sam Ratulangi (Unsrat) makin memantapkan sinergitas merancang sistem pengembangan kelapa di daerah itu.

Sistem pengembangan kelapa ditindaklanjuti dalam rapat virtual bersama Gubernur Sulut Olly Dondokambey beberapa waktu lalu dan dirangkaikan dengan penandatanganan antara Dekan Fakultas Pertanian Unsrat Prof Dr Robert Molenaar MS dengan Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Sulut Ir Refly Ngantung, disaksikan para wakil dekan, sekretaris dinas juga para pejabat eselon III disbun serta ketua jurusan bersama perwakilan dosen.

Ngantung mengatakan, sebagai mana arahan gubernur, komoditi kelapa harus maju dan terus dikembangkan, sehingga kerjasama ini terlaksana melalui kesepakatan membuat grand design atau  rancangan sistem kelapa yang lebih maju dan berkembang.

“Kerjasama ini didasari pada kesadaran Pemprov Sulut dalam hal ini dinas perkebunan bahwa tanaman kelapa merupakan tree of life bagi rakyat dan salah satu sektor yang berkontribusi besar perekonomian di Sulut,” ujar dia.

Ngantung juga berharap pengembangan kelapa di Sulut bisa lebih terarah dan kesejahteraan rakyat lebih terjamin.

“Kerjasama tersebut nantinya akan ada surat keputusan pembentukan tim kerja penyusun gran design pengembangan kelapa yang bisa segera memberikan impact kepada kesejahteraan rakyat,”jelasnya.

Sementara Molenaar mengakui masih adanya sistem parsial dalam pengembangan, sehingga hanya berkutat pada produk konvensial kopra bukan pada produksi turunan yang diyakininya bisa lebih mendongkrak pengembangan kelapa.

“Program pengembangan kelapa swlama ini hanya dilakukan secara parsial dan pihak pihak yang tetkait tidak tetintegrasi secara baik,” ungkap dia.

( ing)

 

About The Author

Reply

example banner
.