example banner
.

Pemkab Minahasa Sosialisasikan Tata Cara Pendaftaran Tanah yang Berlaku

TONDANO,pojoksulut.id —- Pemkab Minahasa melalui Bagian Insfrastruktur melaksanakan sosialisasi bagi pihak-pihak yang berkepentingan termasuk pemerintah desa mengenai tata cara pendaftaran tanah yang sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Sosialisasi ini dilaksanakan di kantor Camat Kombi, Selasa (25/6/2019), di khususkan untuk Kecamatan Kombi, Lembean Timur, dan Eris.

Bupati Minahasa melalui Asisten Satu DR Denny Mangala MSi mengatakan sangat mendukung program Pendaftaran Tanah Sistematik Lengkap (PTSL) yang di keluarkan oleh badan pertanahan nasional atau BPN.

PTSL ini, lanjut Mangala, adalah salah satu program strategis pemerintah yang dilaksanakan secara  berkesinambungan dan teratur meliputi semua objek pendaftaran tanah yang belum terdaftar dalam suatu wilayah baik desa maupun kelurahan.

“Sesuai SK Bersama 3 Menteri tentang PTSL dimana memerintahkan kepada pemerintah kabupaten untuk ikut mempercepat proses PTSL ini,”kata Mangala.

Lanjutnya, disisi lain masih banyak masyarakat di Kabupaten Minahasa yang belum memiliki surat tanah, sehingga terkadang hal tersebut memicu masalah yang berujung pada konflik hukum.

“Saya berharap masyarakat bisa manfaatkan momen program ini. Biayanya 350 ribu sudah termasuk pengukuran. Hukum tua diundang mengikuti kegiatan ini, dengan harapan bisa mensosialisasikan program ini kepada masyarakat,”jelas Mangala.

Sementara itu, Kepala Bagian Infrastruktur Setdakab Minahasa Oswald J Kanter menjelaskan dasar pelaksanaan sosialisasi sistem pendaftaran tanah yakni dasar UU No 5 Tahun 1960 tentang peraturan dasar pokok-pokok agraria, peraturan pemerintah No 24 Tahun 1997 tentang pendaftaran tanah, program pemerintah tentang pembangunan sistem pendaftaran tanah di Kab Minahasa tahun 2019.

“Tujuan sosialisasi ini yakni terselenggaranya sisten pendaftaran tanah di Kabupaten Minahasa sebagai dasar dari perwujudan tertib administrasi di bidang pertanahan,”terang Kanter.

(joudi)

About The Author

Reply

example banner
.