example banner
.

Pemkab Minahasa Gelar Peringatan Hari Sumpah Pemuda, Berikut Pesan Bupati ROR

TONDANO,pojoksulut.id — Pemkab Minahasa menggelar upacara peringatan hari Sumpah Pemuda ke-90 di lapangan kantor bupati, Senin (29/10/2018). Bupati Minahasa Royke Octavian Roring (ROR), bertindak sebagai inspektur upacara dalam kegiatan yang turut di ikuti Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey, Ketua DPRD Minahasa James Rawung dan para peserta lainnya.

Dalam sambutannya, Bupati Minahasa ROR mengatakan tema hari Sumpah Pemuda ke-90 adalah “Bangun Pemuda Satukan Indonesia”. Tema ini diambil atas dasar pentingnya pembangunan kepemudaan untuk melahirkan generasi muda yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat,cerdas, kreatif,inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing, serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan, dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

“Revolusi Mental yang dicanangkan oleh Bapak Presiden Ir. Joko Widodo amatlah relevan dalam mewujudkan pemuda yang maju. Ciri pemuda yang maju adalah pemuda berkarakter, berkapasitas dan berdaya saing. Oleh karena Revolusi Mental harus dapat kita jadikan sebagai pemicu untuk mempercepat terwujudnya pemuda yang maju,”terangnya.

Pemuda-pemuda hebat Indonesia telah lahir dan mampu berkompetisi di Kancah Asia. Perhelatan Asian Games 2018 lalu, menjadi bukti bahwa atlet-atlet muda Indonesia berhasil bersaing dengan bangsa-bangsa Asia dan berhasil menduduki peringkat ke-4.

Tahun 2019 mendatang, akan digelar hajat besar pesta demokrasi untuk memilih dan menentukan pimpinan nasional dan daerah yaitu pemilihan Presiden dan Wakil Presiden dan anggota legislatif. Untuk itu, lanjut Bupati ROR, peran dan tanggung jawab pemuda dalam mentukseskan proses Pemilihan Umum nanti, amat sangat dibutuhkan.

“Partisipasi aktif pemuda dalam Pemilu 2019 perlu ditingkatkan untuk mewujudkan pemilu yang damai, kredibel, dan berkualitas. Kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakam sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur, menuju persatuan dan kesatuan Bangsa, maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekiniai dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebik baik,”jelas bupati.

Lanjut bupati menambahkan, hari Sumpah Pemuda ke-90 merupakan momentum untuk mengevaluasi kerja bupati dan wakil bupati setelah 1 bulan 4 hari dilantik.

“Sebagai perangkat daerah, mari kita melayani masyarakat dengan benar. Ada beberapa program yang sudah dilaksanakan, tapi masih ada kendala yang di alami. Kita harus ada untuk benar memenuhi kebutuhan-kebutuhan dari masyarakat,”terang Bupati ROR.

Untuk sektor yang langsung melayani masyarakat, bupati mengajak jajarannya untuk menghilangkan sikap arogan sebagai seorang ASN dan pelayan masyarakat.

Selain itu, ia menginstruksikan kepada seluruh SKPD, pemerintah kecamatan dan kelurahan yang langsung berhubungan dengan masyarakat harus ada penerima tamu untuk langsung melayani masyarakat.

“Saya juga bermohon kepada kepala-kepala SKPD untuk mempercepat proses untuk kesejahteraan PNS dan THL,”pungkasnya.

(joudi)

Tags:

About The Author

Reply

example banner
.