example banner
.

Pemkab Minahasa Dukung Program PTSL Badan Pertanahan Nasional

TONDANO,pojoksulut.id — Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Minahasa melakukan sosialisasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di Desa Sawangan Kecamatan Tombulu, Senin (28/01/2018).

Hadir dalam kegiatan itu, Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey, Kepala BPN Minahasa Ramilin Sinurat, dan sejumlah undangan lainnya.

Menurut Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey,  PTSL merupakan satu program strategis pemerintah yang dilaksanakan secara berkesinambungan dan teratur meliputi semua objek pendaftaran tanah yang belum terdaftar dalam suatu wilayah baik desa maupun kelurahan.

Dengan demikian, Pemkab Minahasa sangat mendukung program PTSL ini.

“Disisi lain juga masih banyak masyarakat Kabupaten Minahasa yang belum memiliki surat tanah, sehingga terkadang hal tersebut memicu masalah yang berujung pada konflik hukum,”terangnya.

“Jajaran Pemkab Minahasa dikerahkan untuk membantu kantor BPN Minahasa dalam mengumpulkan data masyarakat yang ikut program PTSL ini, yang nantinya data tersebut langsung diserahkan kepada Kantor Pertanahan Minahasa untuk diproses sertifikasinya,”tambah Wabup Dondokambey.

Sementara itu, Kepala BPN Kabupaten Minahasa Ramilin Sinurat menjelaskan tujuan PTSL adalah untuk percepatan pemberian kepastian hukum dan perlindungan hukum hak atas tanah rakyat secara pasti, sederhana, cepat, lancar, aman, adil, merata dan terbuka serta akuntabel, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran masyarakat serta mengurangi dan mencegah sengketa dan konflik pertahanan.

“Tahun 2019 lokasi PTSL di Kabupaten Minahaaa meliputi Desa Rerewokan Kecamatan Tondano Barat,  Desa Wewelen Kecamatan Tondano Barat, Desa Sawangan Kecamatan Tombulu, Desa Warembungan Kecamatan Pineleng, Desa Teep Kecamatan Langowan Timur dan Desa Ranowangko Kecamatan Tondano Timur,”jelas Sinurat.

(joudi)

About The Author

Reply

example banner
.