Pemkab Bolsel Seriusi Hasil Pelaksanan Tes CPNS 2018

MOLIBAGU,pojoksulut.id – Minimnya peserta Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang mencapai nilai standar passing grade pada tes Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) yang menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT), rupanya menuai perhatian serius dari Pemerintah Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan (Bolsel).

Bupati Bolsel Iskandar Kamaru melalui Kabag Humas dan Protokol Ahmadi Modeong mengatakan, sebagai daerah baru, Kabupaten Bolsel masih sangat membutuhkan pegawai sebagaimana rasio analisis kebutuhan daerah dalam memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat. Sehingga itu, masalah ini menjadi tantangan yang harus diseriusi oleh pemerintah daerah. Bahkan bukan hanya Kabupaten Bolsel, tapi juga daerah lainya yang saat ini masih kekurangan Aparatur Sipil Negara (ASN).

“Melihat hasil ini, memang sangat minim peserta yang lulus dalam tes CPNS tahun ini. Namun, standar passing grade ini berlaku untuk semua daerah yang melaksanakan penerimaan CPNS, sebagaimana yang ditetapkan pemerintah pusat. Olehnya, dalam menanggapi hasil pelaksanaan tes CPNS ini, bupati masih akan menunggu laporan resmi dari panitia seleksi CPNS, untuk selanjutnya mengambil langkah dan format guna membicarakan masalah ini,” ungkap Ahmadi, dikutip dari laman bolmora.com, Sabtu (10/11/2018).

Menurutnya, jika melihat fenomena yang terjadi di Bolsel, ini juga terjadi di daerah lain. Sehingga, jika daerah-daerah lain bersedia, maka masalah akan dibicarakan bersama. Tujuannya, akan bertemu pemerintah pusat dalam hal ini KememPAN-RB RI untuk melaporkan hasilnya secara tertulis, sekaligus akan mendengar seperti apa tanggapan pemerintah pusat. Namun demikian tetap akan berkoordinasi dengan pemerintah provinsi sebagai perwakilan pemerintah pusat di tingkat regional.

“Karena masalah standar nilai passing grade ini hampir terjadi di semua daerah, maka tidak bisa hanya Kabupaten Bolsel yang ketemu dengan pemerintah pusat. Sebab, keputusan yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat terkait standar passing grade berlaku bagi semua daerah. Makanya, jika ada keputusan atau kebijakan dari pemerintah pusat, juga berlaku untuk semua daerah. Sehingga, di situ pentingnya kebersamaan setiap daerah. Apalagi, saat ini pelaksanaan tes CPNS masih berlangsung di daerah lain, tak hanya daerah-daerah yang ada di wilayah Bolmong Raya (BMR),” terang Kepala Bagian Humas Pemkab Bolsel ini.

Kendati demikian, tak lupa bupati mengucapkan terima kasih kepada semua panitia dan pemangku kepentingan yang terlibat dalam terselenggaranya tes CPNS selama hampir seminggu.

“Pak bupati juga mengucapkan selamat kepada peserta CPNS yang telah lulus memenuhi nilai passing grade,” pungkas Ahmadi.

(bolmora.com/gnm)

About The Author

Reply