Pemkab Bolmong Terima Dana Hibah Bangun Irigasi

LOLAK,pojoksulut.id – Pemerintah pusat melalui Integrated Participatory Development And Management Of Irigation Project (IPDMIP), memberikan bantuan dana hibah kepada Pemkab Bolaang Mongondow (Bolmong). Bantuan bernilai Rp 41 miliar ini, nantinya digunakan untuk membangun irigasi di 12 titik irigasi dengan total panjangan keseluruhan 33.127 meter.

“Sesuai surat Menteri Keuangan RI Nomor S-591/MK.7/2017, maka pemerintah pusat telah menyetujui penerusan hibah sebesar Rp41.020.000.000. Ini adalah dana penganti atas pelaksanaan kegiatan program pengelolaan dan pengembangan irigasi partisipatif terpadu, yang terlebih dahulu didanai oleh APBD Bolmong,” terang Yasti, seperti dikutip di laman bolmora.com, Sabtu (10/11/2018).

Terpisah, Kepala Dinas Pekerja Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Bolmong Channy Wayong mengatakan, dana hibah tersebut untuk pembangunan hingga tiga tahun anggaran ke depan.

“Anggaran Rp 41 miliar ini belum bisa dikerjakan secara keseluruhan di tahun 2019 mendatang. Program ini juga terlebih dahulu dibiayai oleh daerah melalui APBD, setelah itu baru mendapatkan ganti dari Kementerian Keuangan RI. Kalau melihat posisi APBD, kemungkinan baru bisa dikerjakan dua irigasi. Perjanjian ini berlaku sampai 2021,” ungkap Channy.

Diketahui, IPDMIP atau  program Pengelolaan dan Pengembangan Irigasi Partisipasi Terpadu (PPIPT) sebelumnya telah ditandatangani oleh Bupati Bolmong Yasti Soepredjo Mokoagow, di Hotel Bidakara Jakarta, pada Rabu 14 Februari 2018 lalu.

 (bolmora.com/ag)

About The Author

Reply