example banner
.

Pemerintah Desa Lopana Satu Gelar Pelatihan Pengurus BUMDes

AMURANG, Pojoksulut.id – Pemerintah Desa Lopana Satu Kecamatan Amurang Timur Kabupaten Minahasa Selatan menggelar Pelatihan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), senin (15/06/2020).

Nara sumber dalam pelatihan ini diantaranya Piet Hein Pusung, S.Stp.,MSi. dengan materi Managemen Ekonomi (Dosen Fekon Unsrat Manado), Altin Sualang. SSTP. MPA .(Sekretaris Dinas PMD Minsel), dan Donald Mukuan, SE, (TA. P3MD Minsel).

Pj. Hukum Tua Desa Lopana Satu Susanty Sumarab, SE. mengatakan kegiatan ini penting dalam upaya memberdayakan masyarakat terutama pengurus Bumdes dalam pengelolan usaha di desanya.

“Kehadiran Bumdes Lopana Satu sangatlah penting untuk mendorong pembangunan ekonomi desa. Melalui BUMDesa ini, masyarakat bisa diberdayakan dan akhirnya mampu berbuat secara ekonomi guna kedejahteraan masyarakat” kata Sumarab.

Sumarab berharap BUMdesa Lopana Satu mampu memanfaatkan sumber daya sehingga dapat mendongkrak pendapatan asli di desanya.

“Semoga pengurus Badan Usaha Milik Desa lebih semangat dalam mengelola Bumdes srhingga dapat meningkatkan kontribusi Bumdes,” tandasnya.

Sementara Ketua Panitia Juffry Damongi mengatakan tujuan pelatihan ini adalah untuk Peningkatan kapasitas pengurus Bundes dalam pengelolaan usaha-usaha Bumdes, meningkatkan usaha desa dan memikili kemampuan serta pengetahuan yang memadai sehingga dapat menjalankan BUMDes dengan baik.

“Selain kemampuan teknikal seperti akuntansi dan manajerial, pelatihan karakter juga diperlukan agar melahirkan pengelola staf BUMDes yang jujur,” ucap Damongi yang juga menjabat sebagai Sekretaris Desa.

Selain itu Damongi berharap pengurus yang telah mendapat pelatihan akan mampu mengatur dan mengembangkan usaha sehingga meningkatkan nilai tambah.

“Kegiatan pelatihan pengelolaan anggaran BUMDesa ini sangat penting dilakukan untuk membekali para pengurus BUMDes agar mereka mampu mengelola dan mengembangkan BUMDes secara baik, sehingga bermanfaat bagi masyarakat desa,” ujarnya.

Terrpisah, Ketua BUMDesa Lopana Satu Yetty Majuntu, SPd berpendapat bahwa, pelatihan peningkatan kapasitas bagi pengelola BUMDesa sangatlah penting di masa kepengusaannya.

“Kegiatan pelatihan peningkatan pengurus Bumdes ini sangat penting dilakukan untuk membekali para pengurus, agar mereka mampu mengelola dan mengembangkan BUMDesa secara baik, sehingga bermanfaat bagi masyarakat desa,” ucapnya.

(sivriet)

About The Author

Reply

example banner
.