example banner
.

Pembina Zoonosis Propinsi Jabar Belajar Program Pengendalian Penyakit Menular di Minahasa  

TONDANO,pojoksulut.id —- Tim pembina  program pengendalian penyakit menular dan komisi zoonosis propinsi Jawa Barat (Jabar), Rabu (12/12/2018), menyambangi kantor bupati Minahasa, dan diterima langsung Asisten Pemerintahan dan Kesra, Dr. Denny Mangala, MSi.

Menurut Plt. Kabiro Yangbangsos Setdaprov Jabar, Drs. Hj. Sonny S. Adisudarma, Kunjungan Kerja (Kunker) mereka di Kabupaten Minahasa adalah untuk belajar, serta melihat dari dekat program pengendalian penyakit menular yang berhasil dijalankan Pemkab Minahasa.

“Beberapa titik di Jawa Barat banyak yang terjangkit Rabies. Untuk itu, kami ingin mengetahui cara-cara pemerintah Kabupaten Minahasa dalam menangani masalah ini,”terang Adisudarma.

Sementara itu, Bupati Minahasa melalui Asisten Pemerintahan dan Kesra Dr. Denny Mangala, MSi menjelaskan bahwa Zoonosis juga merupakan salah satu masalah di Kabupaten Minahasa yang membutuhkan penanganan dari dinas terkait.

“Kami bersyukur, kasus zoonosis setiap tahun menurun, dan menjadi perhatian pemerintah pusat sehingga Kabupaten Minahasa menerima penghargaan dari Menteri Kesehatan,”papar Mangala.

Penanganan dan pencegahan Rabies, lanjut Mangala, ditangani dengan melakukan pengembangan program One Health dan program terpadu seperti pemberian vaksin untuk mencegah dan meminimalisir rabies.

“Kesehatan masyarakat menjadi sektor prioritas pemerintah Kabupaten Minahasa. Seluruh rakyat sudah di cover BPJS Kesehatan,”terang Mangala.

(joudi)

About The Author

Reply

example banner
.