example banner
.

Pasca Putusnya Kontrak dengan BPJS, RS Mitra Sehat Segera Difungsikan

RATAHAN,pojoksulut.id — Bupati Minahasa Tenggara (Mitra) James Sumendap SH mengatakan bahwa, Rumah Sakit (RS) Mitra Sehat akan segera digunakan untuk menjadi RS rawat inap bagi masyarakat pasca putusnya kontrak kerjasama dengan BPJS Kesehatan.

Demikian dikatakan orang nomor satu di Kabupaten Mitra ini saat melakukan pemantauan sekaligus rapat dengan Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial Mitra di rumah sakit tersebut, Rabu (5/2/2020).

Kepada sejumlah pewarta, Sumendap mengatakan bahwa saat ini Kabupaten Mitra telah mengambil langka untuk melakukan gerak cepat mengantisipasi keluhan masyarakat saat memutuskan kontrak dengan pihak BPJS.

“Ini dilakukan karena Pemkab Mitra telah memutuskan kontrak dengan BPJS. Kebijakan tidak lagi memperpanjang kontrak dengan pihak BPJS karena pasca kenaikan iuran BPJS sampai seratus persen dari jumlah yang telah ditata di APBD Mitra tahun 2020,”tegasnya.

APBD Mitra tahun 2020, menurut Bupati Sumendap, mengalokasikan Rp 15 miliar untuk iuran BPJS. Sementara, sesuai SK Presiden ada  kenaikan iuran BPJS, sehingga Pemkab Mitra tidak mungkin lagi untuk memperpanjang kontrak BPJS.

“Langka kami saat ini adalah memperkuat serta mempergunakan rumah sakit Mitra sehat untuk melakukan pemeriksaan. Saya telah instruksikan kepada kepala Dinas Kesehatan dan pihak rumah sakit agar melakukan pembenahan di rumah sakit ini,”paparnya.

Untuk memperlancar proses pengobatan dan rujukan, Bupati Mitra dua periode ini menginstruksikan Dinas Kesehatan dan Dinas Sosial Mitra untuk berkantor di RS Sehat ini.

“Tujuannya guna memperlancar para warga dalam proses pengobatan maupun rujukan. Semua ini gratis dan tidak dipungut biaya,”tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Mitra Dr Helni Ratuliu mengatakan, pihaknya sudah siap dan akan berkantor di rumah sakit ini untuk membantu masyarakat yang melakukan perawatan.

“Kami membutuhkan tenaga perawat yang akan ditempatkan di rumah sakit Mitra sehat ini, dan pada waktu dekat ini akan dibuka pendaftaran dan  penerimaan pegawai untuk di lingkungan rumah sakit,”tandasnya.

(fred)

About The Author

Reply

example banner
.