example banner
.

Memperingati Hari Sumpah Pemuda, Kapolres Minut: Lestarikan Budaya Pakaian Adat Indonesia

AIRMADIDI, pojoksulut.id — Polres Minahasa Utara (Minut) menggelar upacara memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-91 di halaman Mapolres Minut, Senin (28/10/2019).

Kapolres Minut AKBP Jefri Ronald Parulian Siagian SIK bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) dan Ipda Jan Tangkudung sebagai komandan upacara.

Dalam sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga RI Zainudin Amali dibacakan Kapolres Siagian mengatakan hari Sumpah Pemuda ke-91 mengambil tema Bersatu Kita Maju.

Tema ini, lanjut Siagian, diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.

“Tema Bersatu Kita Maju sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemudalah Indonesia bisa lebih maju,”ujarnya.

Lanjutnya, Pemuda untuk Indonesia Maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia.

Selain itu, tambah Siagian, semangat para pemuda dalam menatap dan ikut membangun dunia harus terus menjadi obor penyemangat bagi pengabdian pemuda Indonesia dalam ikut serta berpartisipasi mengangkat bangsa dan tanah air tercinta di kancah dunia.

“Merupakan suatu kebanggaan juga untuk Kapolres Minut bersama jajarannya di Hari Sumpah Pemuda ke 91 kali ini dari beberapa anggota Kepolisian Minut memakai baju adat kebudayaan dari beberapa daerah yang ada di Indonesia,”jelasnya.

“Kita bisa memperlihatkan bahwa begitu bagus dan indahnya pakaian adat yang kita miliki. Ini kan sudah hampir terlupakan. Sebagai Kapolres, saya mencoba mengingatkan kembali jangan lupa akan budaya kita sendiri. Jangan kita mengikuti budaya asing tapi melupakan budaya kita, yang seharusnya kita lestarikan,” tambah Siagian.

(vhy)

About The Author

Reply

example banner
.