example banner
.

Mantapkan Pilkada 2020, Bawaslu Minut Rangkul Media Massa, LSM dan Ormas

AIRMADIDI, pojoksulut.id– Jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 mendatang,  Bawaslu Kabupaten Minahasa Utara (Minut) gelar Rapat Koordinasi (Rakor) bersama Media Massa, LSM dan Organisasi Kemasyarakatan, dalam rangka persiapan pengawasan partisipatif untuk pemilihan Gubernur/Wakil Gubernur dan Bupati/Wakil Bupati di kabupaten Minut.

Rakor tersebut diadakan selama tiga hari. Mulai 27 – 29 Desember 2019 di hotel Sutan Raja Maumbi.

Peserta yang ikut yaitu dari Media Massa, LSM dan organisasi kemasyarakatan atau Ormas.

Komisioner Bawaslu Minut bidang Pengawasan, Humas dan Hubungan Antar Lembaga Rahman Ismail SH dengan resmi membuka kegiatan tersebut seraya mengatakan, peran media dan LSM/Ormas sangat penting untuk pengawasan yang berbentuk partisipatif.

“Mewujudkan Pilkada yang berintegritas, Bawaslu membutuhkan peran Media Massa, LSM dan Ormas untuk melaksanakan fungsi pengawasan baik berupa informasi maupun data di lapangan, untuk setiap tahapan pelaksanaan Pilkada Serentak 2020 yang tahapannya sudah dimulai,” ujar Ismail.

Pemateri perdana Johnny Alexander Suak SE MSi yang adalah mantan Komisioner Bawaslu Sulut menjelaskan bahwa  Penyelenggara Pilkada selain sebagai wahana pergantian kekuasaan juga merupakan saluran pertisipasi masyarakat yang memadai bagi terhimpunnya pilihan dan aspirasi.

“Kendala pegawasan partisipatif antara lain adalah terbatasnya akses informasi, batasan-batasan peraturan dan kondisi geografis,” kata Johnny

Lanjutnya, untuk mendapatkan informasi dan data yang akurat, Bawaslu merangkul serta butuh  peran aktif dari Media Massa, LSM dan Ormas.

“Nantinya juga akan diadakan pelatihan serta sosialisasi khususnya yang terkait dengan fungsi pengawasan tersebut. Karena kita tahu bersama bahwa rakyat yang harus mengawasi Pemilu,” tambah Johnny.

(vhy)

About The Author

Reply

example banner
.