example banner
.

LMI dan Inakor Minsel Angkat Bicara Terkait Perusahan Tambang SEJ

AMURANG, Pojoksulut.id – Tonaas Laskar Manguni Indonesia (LMI) Minsel Tommy Pantow dan Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat Independen Nasionalis Anti Korupsi (LSM INAKOR) Minsel Noldy Poluakan angkat bicara terkait Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR) dan kegiatan PT Sumber Energi Jaya (SEJ).

Tonaas Topan sapaan akrabnya mengatakan sesuai informasi yang di terima dari ketua assosiasi pertambangan James Tuuk bahwa lokasi pertambangan yang sekarang di kelola oleh PT SEJ yang dulunya pernah di kelola oleh PT Newmont Minahasa sudah ada Wilayah Pertambangan Rakyat (WTP) yang telah diurus atau dibuatkan Legalitasnya sampai di kementerian terkait oleh PT Newmont Minahasa untuk Masyarakat.

Lebih lanjut Tommy, waktu di jaman pemerintahan mantan Bupati Raymon Luntungan maka, terbit Legalitas baru dan di kuasai oleh WTP tersebut di kuasai dan di kelola oleh PT SEJ.

“Sampai saat ini kami tetap masih menahan dan meredam agar masyarakat tidak melakukan aksi yang melanggar hukum tetapi jika dalam kurun waktu tertentu ini tidak di selesaikan maka kemungkinan kami akan melakukan aksi turun ke jalan dalam bentuk penyampaian aspirasi untuk mencari keadilan kata Topan.” tutur Pantow sebuah Rumah Kopi Kompleks Kantor Bipati, Senin (21/09/2020).

Sementara itu ketua LSM INAKOR Minsel Noldy Poluakan mwmgatakan sangat disayangkan jika memang informasi ini benar maka masyarakat dirugikan dengan kebijakan yang ada pada waktu itu, birokrasi administrasi pada ketika itu di pertanyakan.

” Tentu sebagai Lembaga Swadaya Masyarakat yang adalah bagian atau interpretasi dan keterwakilan masyarakat maka kami sangat menyayangkan hal ini bisa terjadi.” Ungkap Poluakan.

Masih kata Poluakan pihaknya sangat siap jika di perlukan masyarakat dalam memperjuangkan hak hak mereka dan kami akan mengkaji serta mempelajari administrasi dan ketentuan lainnya terkait surat yang sudah pernah di buatkan oleh kementerian terkait oleh PT Newmont Minahasa,

“NAKOR Minsel akan selalu siap dan pasang badan untuk memperjuangkan dan mengawal hak masyarakat tutup Noldy.” Tandasnya.

(sivriet)

About The Author

Reply

example banner
.