example banner
.

Liando : Tanpa Petahana, Semua Calon Punya Peluang Sama Menang di Pilwako Tomohon

TOMOHONpojoksulut. Id : Tanpa Petahana (Incumbent) Kompetisi Pilwako Tomohon akan berlangsung lebih fair, artinya peluang seluruh calon-calon pemimpin daerah yang baik, punya potensi lebih besar untuk bisa menang.

Dengan kondisi ini, kata pengamat politik Sulawesi Utara DR. Ferry Daud Liando, pasti pemimpin-pemimpin daerah yang lebih berintegritas dan berkualiatas akan bermunculan. Dengan demikian, kemajuan di daerah tersebut akan terjadi lebih cepat.

“Jika tanpa petahana biasanya Pilkada lebih fair,artinya tidak ada potensi penyalahgunaan bansos, penyalahgunaan fasilitas Pemerintah untuk berkampanye dan tidak ada mobilisasi ASN. Semua calon memiliki peluang dan kesempatan yg sama”, tukas Liando.

Dijelaskan Liando, Seperti di Kota Tomohon saat ini, Pilkada 9 Desember nanti tanpa petahana karena tunduk pada ketentuan aturan Pasal 58 UU 32/2004 tentang Pemerintahan daerah. Bahwa kepala daerah hanya bisa menjabat paling lama 2 periode.

Untuk Kota Tomohon, dijelaskan Liando khususnya Walikota Tomohon Jimmy Feidie Eman sudah menjabat 2 periode.

“Walaupun di periode pertama Pak Eman hanya meneruskan kepemimpinan Pak Jefferson, namun di periode pertama beliau telah menjabat lebih dari 2,5 tahun. Lebih dari 2,5 tahun sudah dihitung satu periode”, Tuturnya.

Jadi jika tanpa petahana Liando menambahkan bahwa biasanya Pilkada lebih fair. Tidak ada potensi penyalahgunaan bansos, penyalahgunaan fasilitas Pemerintah untuk berkampanye dan tidak ada mobilisasi ASN. Semua calon memiliki peluang dan kesempatan yang sama.

(donny)

About The Author

Reply

example banner
.