example banner
.

Liando : Peraih Hasil Survey Tertinggi Belum Tentu Calon Berkualitas

 

TOMOHON-pojoksulut.id : Pengamat Politik Sulawesi Utara Ferry Daud Liando menilai, Parpol yang hanya mengandalkan hasil survei dalam memutuskan calon yang akan diusung di Pilkada adalah Parpol yang malas dan tidak kreatif.

 

Menurutnya, sesuai UU nomor 2 tahun 2008 sebagaimana direvisi dengan UU 2 tahun 2011 tentang Partai Politik bahwa Kerja – Kerja Parpol dalam mengusung calon bukan seperti itu. Tugas Parpol itu adalah mempersiapkan calon pemimpin yang merupakan kader terbaik yang dimiliki Parpol.

 

Kata Liando, Jauh sebelum Pilkada, harusnya siapa yang menjadi calon sudah dipersiapkan. Bukan baru mau tahapan pendafaran lalu calonnya baru mau dicari.

 

Lanjutnya, bahwa dalam menentukan calon yang hanya berdasarkan hasil survey, itu sama artinya Parpol itu hanya cari instan. Belum tentu nama peraih angka tertinggi dari hasil survey adalah calon berkualitas.

 

“Banyak nama – nama yang unggul dari hasil survey karena calon itu rajin memasang fotonya di baliho.

 

Kebiasaan ini kata Liando membuat mereka di kenal publik dan mendorong popularitas. Popularitas itu yang mempengaruhi hasil survey. Oleh karena itu harapan publik bagi Parpol untuk tidak harus menjadikan hasil survey sebagai pegangan dalam menentukan calon yang akan di usung. Parpol itu ada organisansya. Fungsi organisasi di parpol agar Parpol itu telah mempersiapkan calon jauh sebelum pencalonan. Kan ada anggaran APBD untuk masing – masing Parpol.

 

“Anggaran itu berfungsi agar Parpol mampu menjalankan tugasnya yakni mempersiapkan calon pemimpin”, Pungkasnya saat dihubungi Senin (10/2/2020)

 

(donny)

 

About The Author

Reply

example banner
.