example banner
.

Liando : Optimalisasi Peran Masyarakat Penting Dalam Peningkatan Kualitas Demokrasi Pemilu

TOMOHON-pojoksulut.id : Pengamat Politik dan Akademisi Sulut, DR Ferry Liando mengatakan, diperlukan optimalisasi peran masyarakat dalam peningkatan kualitas demokrasi, dalam rangka menyambut Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur serta Walikota dan Wakil Walikota Kota Tahun 2020 di Kota Tomohon.

“Dulunya masyarakat hanya dijadikan objek dalam pelaksanaan pemilu. Jelasnya, masyarakat tidak dilibatkan dalam tahapan-tahapan pemilu, dan hanya diminta datang pada saat pencoblosan saja untuk menentukan pilihan, walaupun calonnya sudah diatur,” ungkap Liando.

Menurutnya, di saat ini masyarakat sudah jadi subjek dari Pemilu. Dari semua tahapan-tahapan pelaksanaan pemilihan, masyarakat sudah dilibatkan dalam tahapan dan itu sudah diatur dalam undang-undang.

“Saat ini ini pihak Bawaslu dan KPU dalam menyelenggarakan pemilihan harus memilih petugas pemilu seperti PPS, PPK dan lainnya, dan itu dilakukan lewat uji publik.

“Jadi kalau ada petugas pemilu yang lolos dalam tahapan pemilihan dan bermasalah, seperti contoh pernah menjadi Tim Sukses calon tertentu, maka akan segera diselidiki pihak Bawaslu. Apabila benar, maka petugas pemilu tersebut akan di coret dalam kepesertaannya,” ujar Liando sembari berharap peran masyarakat kini memang penting untuk turut mengawasi pelanggaran, dan mensukseskan pemilu.

(donny)

About The Author

Reply

example banner
.