example banner
.

Kritik Himbauan Bupati VAP Lawan Covid-19, Delon disebut Asbun dan Tidak Berbuat Untuk Masyarakat Minut

AIRMADIDI, pojoksulut.id– Ketua DPRD Kabupaten Minahasa Utara (Minut) Denny Lolong (Delon) melontarkan pernyataan yakni, jika slogan Bupati Minut Dr (HC) Vonnie Anneke Panambunan STh (VAP) dalam baliho hanyalah omong kosong. Hal ini disebabkan adanya warga Desa Wusa Kecamatan Talawaan terkonfirmasi positif Covid-19, sehingga menuai pro dan kontra dari sejumlah masyarakat Minut.

Secara logika, tidak ada sangkut pautnya antara baliho himbauan perangi Virus Corona dengan korban yang sudah terpapar penyakit tersebut.

“Ketua DPRD Minut hanya asal bunyi alias asbun. Sebab, namanya penyakit corona tidak ada yang akan tahu jika sudah tertular atau tidak. Apalagi jika korban ini memiliki kontak langsung dengan orang lain,” ujar Ketua LSM Garda Minut, Jaya Marthen Luntungan kepada sejumlah wartawan, Sabtu (11/04/ 2020).

Lanjut dikatakan Jaya, Bupati VAP sudah banyak berbuat bagi masyarakat, baik itu berupa pemberian masker, hand sanitizer dan bantuan berupa uang dari dana pribadinya. Bahkan pemberian bantuan dan aksi sosial ini sudah dilakukan sejak bulan Februari lalu sejak virus itu masuk ke Sulut.

“Yang jadi pertanyaan, apa yang sudah dibuat oleh Ketua DPRD Minut yang terhormat kepada masyarakat,” tanya Jaya.

Hal senada juga dikatakan Ketua Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Bela Rakyat (Gebrak) Minut, William S Luntungan.

“Sudah kasar jika langsung memvonis ibu Bupati Minut omong kosong,” sesal Luntungan.

Perlu diketahui, setelah meninggalnya penderita kasus Corona di Desa Wusa Kecamatan Talawaan, Pemkab Minut langsung bergerak proaktif untuk melindungi masyarakat. Dengan melakukan penyemprotan disinfektan di Desa Wusa pada Sabtu 11 April 2020, khususnya tempat tinggal pasien terkonfirmasi positif Covid-19 yang telah meninggal pada Jumat 10 April 2020 dini hari dan telah dimakamkan hari yang sama.

Penyemprotan desinfektan dipimpin Camat Talawaan Ruben Lengkong SIP MSi bersama tim menggunakan mobil pemadam kebakaran serta alat penyemprotan lainnya. Bupati Panambunan melalui Camat Talawaan Ruben Lengkong SIP MSi membenarkan adanya penyemprotan tersebut.

Menurut Lengkong, penyemprotan ini dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19 di wilayah Desa Wusa. Selain penyemprotan, dibagikan juga masker kepada warga setempat.

Sebagai upaya pencegahan virus corona ini, Pemkab Minut terus berperan aktif melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Dengan menghimbau untuk tetap diam di rumah, terapkan pola hidup bersih dan sehat, jangan cemas berlebihan, jangan cepat terprovokasi dengan informasi bohong atau tidak jelas sumbernya. Jika ada yang baru datang dari luar negeri maupun luar daerah, harus cepat melapor kepada pihak terkait, dalam hal ini pihak kesehatan. Serta selalu mengikuti anjuran pemerintah.

“Mari masyarakat tetap tenang, jaga jarak sosial maupun fisik, pakai masker, dan melapor jika pernah ada kontak fisik dengan yang terkonfirmasi positif Covid 19. Tetaplah berdoa kepada Tuhan,” imbau Lengkong.

(vhy)

About The Author

Reply

example banner
.