example banner
.

KPU Tomohon Tuntaskan Rekapitulasi Penghitungan Suara Pilkada Serentak 2020

TOMOHON,pojoksulut.id — Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tomohon, Selasa 16 Desember 2020, menuntaskan rekapitulasi hasil penghitungan suara Pilkada Serentak 2020.

Hasil rekapitulasi suara untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara, Pasangan Calon Olly Dondokambey SE–Drs Steven Kandouw meraih suara terbanyak dengan 45.347 Suara. Pasangan yang diusung PDI Perjuangan ini meraih kemenangan di lima kecamatan.

Sementara pasangan Christiany Eugenia Paruntu-Sehan Salim Landjar (CEP-SSL) meraup 13.798 suara.

Sedang pasangan Vonnie Panambunan–Hendry Runtuwene (VAP-Hendry) Runtuwene meraih 8.476 Suara.

Untuk pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tomohon, pasangan calon Caroll Senduk-Wenny Lumentut (CSWL) menang dengan suara 43.611 suara.

Pasangan Jilly Eman-Virgie Baker memperoleh 23.495 suara dan calon perseorangan Robert Pelealu-Fransiscus Soekirno meraup 550 suara.

Ketua KPU Kota Tomohon Drs Harryanto Lasut MAP mengatakan, hasil rekapitulasi penghitungan suara pemilihan gubernur (Pilgub) nantinya akan dilanjutkan di tingkat provinsi, Kamis 17 Desember 2020.

“Suara pemilihan walikota (Pilwako) sudah bersifat final dan tinggal dilakukan penetapan,” kata Lasut.

Sementara itu, Komisioner KPU Tomohon Divisi Teknis Penyelenggaraan Robby Golioth ST menjelaskan, untuk penetapan calon wali kota dan wakil wali kota menjadi kewenangan KPU Kota Tomohon, namun harus menunggu apakah ada gugatan terkait hasil pemilihan.

‘’Nantinya menyesuaikan dengan keluarnya Buku Registrasi Perkara Konstitusi (BRPK) dari Mahkamah Konstitusi (MK),” jelas Golioth.

“Kami bersyukur pleno rekapitulasi penghitungan suara berjalan dengan baik dan tidak ada kendala berarti,’’ tambahnya. (donny)

About The Author

Reply

example banner
.