example banner
.

KPU Tomohon Gelar Pleno DPHP Tingkat Kecamatan

TOMOHONpojoksulut.Id – – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tomohon terus memacu proses aktualisasi data pemilih pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) 9 Desember 2020. Daftar Pemilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) di kelurahan-kelurahan pun memasuki tahap baru.

Rapat pleno rekapitulasi DPHP data pemilih di level Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) pula digulirkan, Kamis (3/9).

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon, Drs Harryanto YS Lasut MAP melalui Anggota Komisioner KPU, Kepala Divisi Sosialisasi, Sumber Daya Manusia dan Partisipasi Masyarakat, Stenly Jerry Kowaas SP menuturkan, DPHP yang diplenokan tersebut merupakan hasil Coklit dari Petugas Pemutakhiran Data Pemilih.

“Rekapitulasi DPHP tingkat kecamatan dilaksanakan selama dua hari kerja. Hari ini di Kecamatan Tomohon Selatan, Tengah dan Utara. Sementara besok di Kecamatan Tomohon Timur dan Barat,” ungkap Kowaas.

Hal yang sama disampaikan Anggota Komisioner KPU Tomohon, Kepala Divisi Data dan Perencanaan, Vierna Pijoh SE. Pelaksanaan rekapitulasi DPHP oleh PPK dilakukan selama dua hari. Kemudian, untuk rekapitulasi di tingkat KPU Kota Tomohon, akan digelar pekan depan.

“Memang belum ada tanggal pasti. Tetapi sesuai tahapannya, rekapitulasi DPHP tingkat kota akan dilaksanakan mulai tanggal lima sampai empat belas September,” kata Pijoh.

Disebutkan Pijoh, meski rekapitulasi DPHP tingkat kelurahan, kecamatan dan kota sudah selesai, pemutakhiran data pemilih tetap berjalan. Prosesnya tidak akan berhenti hingga Pilkada 9 Desember mendatang. Pun tahapan rekapitulasi ini merupakan proses menuju ke daftar pemilih sementara (DPS).

“Ketika DPS ditetapkan oleh KPU usai rekapitulasi tingkat kota, kita akan melakukan pengumuman ke masyarakat melalui kantor-kantor kelurahan atau lewat media sosial. Tentu sangat diharapkan adanya masukan dari masyarakat terkait DPS nanti,” pungkas Pijoh

.(Donny)

About The Author

Reply

example banner
.