example banner
.

Ketua JPKP Minut Soroti Kinerja Disdukcapil Minahasa Utara

AIRMADIDI, pojoksulut.id — Kinerja Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Minahasa Utara (Minut) dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dinilai belum memuaskan.

Hal tersebut dikatakan Paulina Misa salah satu warfa Likupang Kampung Ambong usai mengurus kartu KIA.

“Saya mengurus kartu KIA sudah beberapa bulan yang lalu, dan setelah dicek lagi belum lama ini, kata petugas di Dinas Dukcapil berkasnya hilang atau tercecer,” tutur Paulina, Kamis (17/10/2019).

Ini suatu kelalaian dari petugas Dindukcapil, entah disengaja atau tidak. Seharusnya semua berkas dalam pengurusan apapun dari masyarakat harus disimpan baik-baik. Karena fungsi dari Dindukcapil adalah mengedepankan pelayanan kepada masyarakat.

Dan masih banyak lagi keluhan dari warga yang lain tentang pengurusan surat-surat lain, yang prosesnya sangat lambat.

“Saya berharap kedepannya ada perubahan dalam sistem pelayana,”harapnya.

Menyikapi permasalahan ini, Ketua Jaringan Pendamping Kebijakan Pembangunan (JPKP) Minut, Semmy Tuegeh SE mengecam keras kinerja Dinas Dukcapil yang lalai  dalam pelayanan ke masyarakat.

“Saya menilai pekerjaan Dinas Dukcapil sangat amburadul dan tidak konsisten dalam pelayanan,di mana masyarakat di buat bolak balik dalam pengurusan surat-surat,”tegasnya

Ia menambahkan, kedepannya ada perubahan dalam pelayanan di masyarakat nantinya.

“Saya akan mengawal setiap keluhan masyarakat,dan dalam waktu dekat ini saya akan membuat audensi dengan Kadis Dukcapil,”papar Tuegeh seraya mengatakan pihaknya sudah melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Kantor Staf Kepresidenan (KSP) terkait pelayanan publik kepada masyarakat bernomor 134/DPP/I/MOU/KSP/2019

(vhy)

About The Author

Reply

example banner
.