example banner
.

Kadis Sosial dan PMD Minut Pusungulaa Tegaskan Kumtua Rotinsulu Salah Aturan Pecat 5 Pala

AIRMADIDI,pojoksulut.id– Kepala Dinas Sosial serta Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsos-PMD) Minut, Drs Alpret Pusungulaa MAP, angkat bicara terkait masalah pemecatan 5 kepala lingkungan (Pala) tanpa ada surat teguran lebih dahulu, yang dilakukan oleh Hukum Tua Desa Watutumou Kecamatan Kalawat, Ir Sylvana Rotinsulu.

Kepada wartawan, Kamis 3 Maret 2021 Pusungulaa mengatakan, bahwa  ini sudah menyalahi aturan pemerintah yang tertuang dalam Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 17 Tahun 2019 tentang pengangkatan dan pemberhentian perangkat desa.

“Memang itu sudah salah dan Kumtua akan kami panggil untuk klarifikasi soal pemecatan Pala ini. Sebab dalam aturan, perangkat desa yang sudah tidak bisa bekerjasama dengan pemerintah, itu harus diberi surat teguran dulu. Jika teguran itu tidak didengar, maka layak dipecat,” terang Pusungulaa.

Lanjut dikatakan Pusungulaan, pihaknya akan menindaklanjuti masalah yang terjadi di Desa Watutumou.

” Mengenai kasus ini memang belum ada laporan, tapi akan kami tindaklanjuti secepatnya,” katanya.

Terpisah, salah satu Pala yang dipecat dan namanya tidak ingin dipublikasikan, berharap masalah ini segera diselesaikan.

” Kasus ini akan kami bawah ke meja DPRD Minut,” ucapnya.

Diketahui, Dalam Perbup Nomor 17 Tahun 2019 ini, peraturan dibuat dengan mengacu pada Permendagri Nomor 83 Tahun 2015 yang telah dirubah menjadi Permendagri 67 Tahun 2017 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa.
(**)

About The Author

Reply

example banner
.