example banner
.

Jumlah Pendaftar Relawan Demokrasi, Melebihi Kuota

TOMOHONpojoksulut.Id – – Respons positif Warga Kota Tomohon dalam tahapan perekrutan relawan demokrasi luar biasa. Pasalnya jumlah masyarakat yang mendaftarkan diri justru hampir dua kali lipat dari kuota kebutuhan.

Hal ini dibenarkan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tomohon, Dra Harryanto YS Lasut MAP melalui Komisioner Kepala Divisi (Kadiv) Sumber Daya Manusia, Sosialisasi dan Partisipasi Masyarakat, Stenly Jerry Kowaas SP saat dikonfirmasi, Rabu (2/9).

“Jumlah relawan demokrasi yang kami butuhkan 16 orang. Akan tetapi, yang mendaftarkan diri ada tiga puluhan orang. Kami sangat berterimakasih kepada warga yang responsnya dalam perekrutan ini, lumayan menjanjikan. Masyarakat Kota Tomohon patut diapresiasi,” ujar Kowaas di sela-sela kegiatan interview calon relawan demokrasi.

Terpantau, tahapan penerimaan relawan demokrasi sudah memasuki sesi seleksi wawancara. Diikuti 29 orang calon yang sebelumnya sudah dinyatakan lolos di fase seleksi administrasi.

Kowaas menegaskan, perekrutan relawan demokrasi bukan hanya untuk meningkatkan partisipasi masyarakat di pemilihan kepala daerah (Pilkada). Namun, hal terutama ialah semua tahapan Pilkada bisa disosialisasikan dengan baik ke masyarakat.

“KPU sendiri tak mampu menjangkau seluruh masyarakat. Sebab itu, kami membutuhkan agen atau relawan demokrasi. Mereka adalah perpanjangan tangan KPU dalam menyosialisasikan tahapan-tahapan pemilihan.

Relawan demokrasi diharapkan bisa menjadi penyambung lidah KPU untuk menyampaikan semua tahapan Pilkada ke masyarakat,” Tukas Kowaas.

(Donny)

About The Author

Reply

example banner
.