example banner
.

Izinkan Bangun Mesjid di Tumaluntung, Ini Kata Bupati Panambunan

AIRMADIDI, pojoksulut.id — Terkait dengan beredarnya video dugaan pengerusakan Mushola Rabu 29 Januari 2020 malam di perumahan Agape Griya Desa Tumaluntung, Kecamatan Kauditan yang telah beredar luas, teryata hanyalah sebuah kesalahpahaman.

Karena tempat yang dimaksud Mushola tersebut sebenarnya adalah Balai Pertemuan Umum (BPU).

Bupati Minahasa Utara (Minut) Dr (HC) Vonnie Anneke Panambunan STh (VAP) bersama Forkopimda yang turun langsung meninjau lokasi kejadian, Kamis (30/01/2020), berharap agar Forkopimda, tokoh masyarakat, tokoh agama muslim maupun kristen bisa menciptakan suasana aman dan kondusif.

“Dalam waktu dekat BPU yang rusak ini akan diperbaiki. Jadi untuk sementara waktu silahkan sholat di rumah dulu, nanti setelah surat-suratnya lengkap kita tandatangani kemudian silahkan membangun Masjid,”katanya.

Konferensi pers yang digelar Kapolres Minahas Utara (Minut) AKBP Grace KD Rahakbau SIK MSi dan Dandim Dandim 1310 Bitung/Minut Letkol Inf Kusnandar Hidayat mengimbau agar masyarakat Minut bersama-sama menjaga keamanan untuk menciptakan situasi nyaman dan damai.

“Jangan kita melakukan hal-hal yang merugikan diri sendiri. Untuk orang yang dicurigai sebagai biang kejadian sudah diamankan di Polda, jadi kami berharap semua bertindak dengan kepala dingin karena kita semua bersaudara dan orang-orang yang mempunyai toleransi tinggi. Jadi percayakan keamanan kepada kami,”jelasnya.

Hal senada juga dikatakan Dandim 1310 Bitung/Minut Letkol Inf Kusnandar Hidayat, agar masyarakat jangan mudah terpengaruh dengan penyataan yang bernuansa provokator.

“Ini hanya kesalahan informasi yang didapat warga dan terjadi kesalahpahaman, sehingga terjadi pengerusakan BPU yang ada di Agape. Untuk itu saya imbau bijaklah dalam menggunakan medsos,”tuturnya.

Sementara itu, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Ir Hi Baidlowi Ibnu Hajar mengatakan, tidak ada larangan pembangunan tempat ibadah asalkan mengikuti prosedur yang berlaku oleh pemerintah.

“Kejadian ini hanyalah sebuah kesalahpahaman saja. Jadi untuk umat muslim tolong menahan diri agar tidak mudah terprovokasi dengan isu-isu yang beredar yang hanya memecah belah kerukunan kita. Apalagi kita di Sulut ini khususnya di Minut sangat menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama,” harap Hi Baidlowi.

(vhy)

About The Author

Reply

example banner
.