example banner
.

HUT SMPN 3 Airmadidi Ke-54, Kepsek Terapkan Program Rumah Belajar

AIRMADIDI, pojoksulut.id — SMP Negeri 3 Airmadidi di Sawangan adakan syukuran memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) sekolah ke 54 dirangkaikan dengan Temu Alumni SMP Sawangan, SMP N 4 Airmadidi, dan SMP N 3 Airmadidi di Sawangan, Jumat (18/10/2019).

Dalam acara ini Kepala Sekolah (Kepsek) Jenny D Koloay SPd MPd memaparkan program yang berhubungan dengan sekolah bermutu, yang nantinya akan dilaksanakan oleh SMP Negeri 3 Airmadidi di Sawangan.

“Kami akan menggunakan metode pembelajaran melalui aplikasi Rumah Belajar dengan para siswa di sekolah ini. Jadi kapan saja dan dimana saja bisa langsung belajar dengan menggunakan program ini”, jelas Koloay.

Adapun para siswa di sekolah ini yang sudah mempunyai Hand Phone (HP) android, dalam setiap pembelajaran yang menggunakan metode ini harus selalu mengikuti setiap proses dalam belajar.

Karena tanya jawab dalam Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) sudah melalui HP dengan aplikasi Rumah Belajar.

“Soal tanya jawab dalam proses KBM sudah memakai program Rumah Belajar, dengan memakai HP android dari para siswa. Untuk siswa yang belum memiliki HP android bisa bergabung bersama teman-teman yang sudah memiliki HP berfasilitas tersebut. Tapi tidak dipaksakan harus mempunyai HP android,” ujar Koloay.

Di Minahasa Utara (Minut) yang baru mendaftar untuk program Rumah Belajar baru SMP Negeri 3  Airmadidi di Sawangan.

Dan ini memang sesuai dengan sekolah mutu yang diterapkan setiap pagi sebelum masuk untuk Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) metode pembelajaran Rumah Belajar ditayangkan melalui LCD.

Mencegah terjadinya hal-hal yang merugikan para siswa, karena penggunaan media sosial ataupun program internet lainnya seperti misalnya gambar-gambar porno atau video-video yang tidak layak untuk ditonton, sebagai pimpinan di Sekolah ini Koloay mengatakan,  para guru melakukan pemeriksaan HP pada setiap siswa.

“Dan selama jam istirahat HP tersebut kami simpan, nanti diberikan kepada siswa jika dalam kegiatan belajar yang menggunakan metode aplikasi Rumah Belajar”.

Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Pendidikan Minut Bernadeth Longdong MPd mengimbau bahwa hubungan orang tua murid dengan sekolah sangatlah penting. Karena orang tua bisa memantau langsung perkembangan anaknya setiap saat.

“Apalagi di era globalisasi yang semakin berkembang saat ini. Peran aktif dari orang tua harus lebih ditingkatkan,” kata Longdong. Lanjutnya, ia menyarankan untuk menyekolahkan anaknya diwilayah sendiri, tidak perlu mencari sekolah diluar dari wilayah tempat tinggal masing-masing.

Ini juga salah satu upaya untuk mencegah terjadinya hal-hal yang bisa menghambat anak dalam menempuh pendidikan.

“Contohnya pergaulan yang tidak baik. Untuk apa mencari sekolah di tempat lain, sedangkan guru-guru di sekolah ini adalah para pendidik sertifikasi yang sudah mempunyai sertifikat pendidik, sudah mengikuti Diklat  yang sesuai dengan latar belakang pendidikan mereka,” jelas Longdong.

Perlu diketahui, Rumah Belajar merupakan portal pembelajaran yang dikembangkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).Konten pembelajaran yang disediakan berbasis audio, video, gambar dan animasi yang disajikan secara interaktif.

Adapun fitur seperti Sumber Belajar, Laboratorium Maya, Kelas Maya, Peta Budaya, dan lainnya yang bisa diakses untuk mendukung proses pembelajaran guru dan siswa.

(vhy)

About The Author

Reply

example banner
.