example banner
.

Gelar Pelatihan BUMDes di Desa Kaweruan, Ini Harapan Camat LikSel Walansendouw

AIRMADIDI,pojoksulut.id– Kepala Dinas Sosial serta Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (Dinsos-PMD) Drs Alpret Pusungulaa MAP didampingi Camat Likupang Selatan Adrian Walansendouw SPd, Selasa 23 Maret 2012 membuka kegiatan pelatihan bagi pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di kantor Desa Kaweruan Kecamatan Likupang Selatan Minahasa Utara (Minut).

Kegiatan ini dihadiri oleh para Hukum Tua dan pengurus BUMDes yang ada di 7 Desa kecamatan Liksel. Sebagai pemateri yakni Koordinator Pendamping Desa, Jemmy Rembet.

Dalam sambutannya Camat Liksel, Adrian Walansendouw SPd mengatakan pelatihan ini sangat penting bagi desa-desa yang memiliki usaha milik desa.

“Harapan saya, desa-desa ini bisa berkembang kegiatan BUMDesnya seperti desa lainnya yang ada di Minut”, kata Walansendouw.

Walansendouw juga menambahkan, saat ini pemerintah tengah menggulirkan program Dana Desa (Dandes) dimana tiap desa diberikan sejumlah dana yang bertujuan untuk pengembanga potensi dan roda perekenomian di desa. Dengan adanya BUMDes, maka diharapkan investasi yang ditanamkan di desa tersebut sesuai target dan dapat mengangkat kesejahteraan warga di desa tersebut.

“Selain kemampuan teknikal seperti akuntansi dan manajerial, pelatihan karakter juga diperlukan agar melahirkan pengelola pengurus BUMDes yang jujur,” ujar Walansendouw yang didampingi Sekcam David Talumantak.

Dikatakan Jemmy Rembet selaku koordinator pendamping Desa, bahwa dalam tata kelola desa, pihaknya selalu siap memberikan pendampingan jika dibutuhkan.

“Kegiatan pelatihan ini dilatarbelakangi oleh banyaknya BUMDes yang justru minim kegiatan atau bahkan terancam tutup. Hal ini dikarenakan kurangnya keahlian yang dimiliki oleh pengurus BUMDes sehingga tidak dapat menginisiasi dan mengelola kegiatan bisnis di desanya,” jelasnya seraya mengingatkan agar dalam pengelolaan BUMDes dipertanggungjawabkan dengan baik.
(**)

About The Author

Reply

example banner
.